Hari Ini Dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tegal, Yuk Mengenal Lebih Dekat Sosok Umi-Ardie!

Berpasangan dengan wakilnya, Sabilillah Ardi, Bupati Tegal Umi Azizah akan memimpin jalannya Pemerintahan Kabupaten Tegal untuk periode 2019-2024

Hari Ini Dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tegal, Yuk Mengenal Lebih Dekat Sosok Umi-Ardie!
Humas Pemkab Tegal
Gladi resik Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Tegal Terpilih. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Usai menuntaskan periode pemerintahannya selama tiga bulan menggantikan Bupati Tegal Enthus Susmono yang tutup usia pada bulan Mei 2018 lalu, Umi Azizah akhirnya kembali dilantik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hari Selasa (8/1/2018) ini di Semarang sebagai Bupati Tegal Terpilih untuk periode 2019-2024.

Berbeda dengan pelantikan sebelumnya, pelantikan Umi sebagai Bupati perempuan menjadi yang pertama dalam sejarah Pemkab Tegal dari hasil Pilkada Serentak Tahun 2018 lalu.

Berpasangan dengan wakilnya, Sabilillah Ardi, Bupati Tegal Umi Azizah akan memimpin jalannya Pemerintahan Kabupaten Tegal untuk periode 2019-2024.

Sebelum berkecimpung di ranah politik, Umi lebih dulu mengawali kiprahnya dengan mendedikasikan diri aktif di organisasi kemasyarakatan perempuan Fatayat Nahdlatul Ulama (Fatayat NU) Kabupaten Tegal.

Tercatat, selama dua periode, alumnus Fisip Undip ini terpilih menjadi ketua PC Fatayat NU, yaitu tahun 1987-1992 dan 1992-1997.

Kepiawaian Umi memimpin organisasi ini juga tercermin lewat kepemimpinannya sebagai Ketua PC Muslimat NU Kabupaten dari tahun 2005 hingga sekarang.

Bupati Tegal Umi Azizah memegang plakat penghargaan Kabupaten Peduli HAM di ruang kerja bupati, Rabu (12/12/2018).
Bupati Tegal Umi Azizah memegang plakat penghargaan Kabupaten Peduli HAM di ruang kerja bupati, Rabu (12/12/2018). (Istimewa)

Sebagai pemimpin organisasi wanita terbesar di Kabupaten Tegal ini, Umi tidak hanya aktif di kegiatan keagamaan, tapi juga fokus pada pembenahan dan penguatan manajemen organisasi hingga pemberdayaan ekonomi perempuan.

Tak berhenti sampai disitu, wanita kelahiran 1960 ini selama menjabat sebagai wakil bupati juga dikenal aktif mengawal berbagai program sosial kemasyarakatan seperti penanggulangan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, kebencanaan hingga pengarusutamaan gender dan perlindungan anak.

Sebagai wakil bupati, tidak sedikit prestasi yang ditorehkan Umi yang di masa remajanya diisi dengan berdagang dan membuat manisan buah, salah satunya adalah mengawali lahirnya badan amil zakat di Kabupaten Tegal.

Halaman
12
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved