Bea Cukai Tanjung Emas Perkirakan Target Kepabeanan Naik Tiga Persen di Tahun 2019

Setelah berhasil melampaui target realisasi penerimaan kepabeanan tahun 2018, Bea Cukai Tanjung Emas Semarang terus berupaya meningkatkan performa.

Bea Cukai Tanjung Emas Perkirakan Target Kepabeanan Naik Tiga Persen di Tahun 2019
tribunjateng/dok
General Manager Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), Erry Akbar Panggabean akan Langsung Pecat Oknum yang Melakukan Pungli 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Setelah berhasil melampaui target realisasi penerimaan kepabeanan tahun 2018, Bea Cukai Tanjung Emas Semarang terus berupaya meningkatkan performa mereka agar kembali mencapai tareget di tahun ini.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Tanjung Emas, Heru Purwedi Sembiring menyebut saat ini pihaknya memang belum mendapatkan angka resmi target yang harus dicapai pada 2019.

Meski demikian ia bisa memperkirakan dari besaran kenaikan APBN tahun ini.

"Angka resmi memang belum ada tapi kalau perkiraan target penerimaan pasti akan naik sekitar tiga persen dari target tahun lalu. Setiap tahun pasti meningkat," ucap Heru ketika ditemui di kantornya, Kamis (17/1/2019).

Jalan Akses Keluar dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Rusak dan Tergenang Air

Untuk menghadapi kenaikan target tersebut pihaknya akan mengoptimalkan potensi-potensi yang ada dari dalam.

Menurutnya, ia tidak bisa bergantung begitu saja dengan fluktuasi ekspor-impor yang melalui bandara atau pelabuhan di wilayah Jateng.

"Upaya pertama jelas meningkatkan performa petugas bagaimana mereka bisa mengecek barang masuk dan keluar lebih teliti lagi, lebih detail lagi sehingga potensi pemasukan bea masuk dan bea keluar bisa dimaksimalkan," terangnya.

Ia tidak memungkiri, setiap eksportir atau importir tentu menginginkan agar bisa menekan bea masuk atau bea keluar.

Dari alasan tersebut maka beberapa kali ada upaya untuk memanipulasi data dokumen dan barang riil yang ada.

Oleh karena itu, jika pemeriksaan bisa dilakukan lebih teliti dan cepat maka potensi pemasukan negara juga diharapkan meningkat.

"Misalnya ada barang masuk plastik, plastik itu jenisnya banyak ratusan atau ribuan. Setiap jenisnya bea masuknya berbeda ada yang 0 persen ada juga yang 5 persen. Namun tampilan jenis-jenis plastik sekilas tidak bisa dibedakan, nah disitu maka petugas kami harus bisa lebih teliti lagi," ucap Heru.

Penerimaan Bea Cukai Tanjung Emas Lampaui Target

Selain dari sektor internal, ia juga berupaya meningkatkan target pemasukan dari sektor eksternal.

Salah satunya adalah mengundang para eksportir yang paling banyak berkontribusi untuk mendapat penghargaan.

"Dari mereka kami juga ingin masukan, apa yang perlu ditingkatkan dari pelayanan kami. Harapannya tahun ini lebih banyak lagi komoditas ekspor yang tentunya akan berpengaruh terhadap penerimaan bea keluar," pungkasnya. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved