Breaking News:

Warga Kembali Mencoblos di TPS 20 Sampangan

Pemilih di TPS 20 berasal dari warga RT 1, 2, dan 3 RW 2 Kelurahan Sampangan Kecamatan Gahajmungkur Kota Semarang

Penulis: Jamal A. Nashr | Editor: muslimah
Tribunjateng.com/Jamal A. Nashr
Proses Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 20 Kelurahan Sampangan Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang, Sabtu (27/4/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Warga kembali mencoblos dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2019 di TPS 20 Kelurahan Sampangan, Sabtu (27/4/2019).

Pemilih di TPS 20 berasal dari warga RT 1, 2, dan 3 RW 2 Kelurahan Sampangan Kecamatan Gahajmungkur Kota Semarang.

Sama seperti pemungutan suara 17 April lalu, proses pencoblosan kali ini dimulai pukul 07.00. Sementara akhir pendaftaran calon pemilih hingga pukul 13.00.

Di TPS 20 Kelurahan sampangan pemilihan suara ulang dilakukan untuk lima jenis surat suara yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten dan kota, serta DPD RI.

PSU dilakukan di TPS 20 Sampangan karena saat pencoblosan 17 April lalu ditemukan sembilan orang yang mencoblos tanpa mambawa formulir A5. Meski tak masuk DPT mereka mencoblos berbekal E-KTP.

"Sebenarnya harus pakai A5, saat itu banyak yang hadir mungkin tidak mengurus A5 datang kemari dengan menunjukkan keputusan MK bahwa bisa memggunakan E-KTP. Kami belum sempat membuktikan karena semua sibuk begitu dapat jawaban sudah masuk sampai sembilan," tutur Ketua KPPS TPS 20 Sampangan, Gunawan.

Ia mengatakan, dalam pemungutan suara lalu sebanyak 172 orang memilih di TPS 20 Sampangan dari 220 daftar pemilih tetap (DPT). Ia berharap dalam PSU ini jumlah pemilih tidak merosot dibanding saat 17 April.

"Mungkin jumlah pemilih akan menurun tapi saya harap tidak banyak. Kalau bisa sama dengan yang lalu," katanya.

Guna menghindari pelanggaran serupa seperti pencoblosan sebelumnya Bawaslu Kota Semarang menyarankan petugas KPPS untuk lebih seksama dan teliti dalam bertugas. Calon pemilih harus dicek kesesuaian KTP dengan DPT.

"Kita melaksanakan ketentuan Pasal 371 UU Nomor 7 tahun 2017 tentang pemungutan suara ulang salah satu syarat pemilih yang tidak tercantum dalam DPT, DPTP, dan DPK tetapi dilayani untuk memilih," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved