Dari Puluhan Jurnal Ilmiah UKSW Salatiga Hanya Dua Berkualitas Sangat Baik

Dari puluhan jurnal tersebut, 2 buah jurnal sudah terakreditasi Sinta 2, yang berarti termasuk dalam kelas Jurnal kualitas sangat baik.

Dari Puluhan Jurnal Ilmiah UKSW Salatiga Hanya Dua Berkualitas Sangat Baik
ISTIMEWA
Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menggelar Workshop Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi SINTA 2019, Jumat (10/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Mendorong peningkatan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah para civitas akademikanya, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menggelar Workshop Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi SINTA 2019, Jumat (10/5/2019).

Pembantu Rektor V UKSW Suryasatriya Trihandaru disela membuka kegiatan tersebut mengatakan, publikasi ilmiah merupakan aktivitas utama dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Karena itu, UKSW sebagai institusi pendidikan tinggi yang mendapat pengakuan dari pemerintah melalui Akreditasi A sudah semestinya terus berbenah dalam mengelola berbagai jurnal ilmiah dari berbagai fakultas atau pusat studi di lingkungan kampus,” terangnya dalam rilis kepada Tribunjateng.com, Jumat (10/5/2019)

Menurut Suryasatriya, selama ini tata kelola jurnal ilmiah di UKSW belum maksimal.

Padahal kebutuhan jurnal berkualitas semakin hari semakin tinggi.

Terlebih kata dia, saat ini pemerintah melalui Kemenrsitekdikti RI telah melakukan pemeringkatan Jurnal Ilmiah melalui aplikasi Science and Technology Index (SINTA).

Pada acara pelatihan yang diikuti sekitar 35 dosen lintas fakultas itu, ia berharap ke depan pengelolaan jurnal ilmiah semakin baik dengan goal dari kegiatan tersebut adalah semua jurnal UKSW terakreditasi SINTA.

Saat ini lanjutnya, UKSW memiliki 20 jurnal dari berbagai fakultas.

Dari puluhan jurnal tersebut, 2 buah jurnal sudah terakreditasi Sinta 2, yang berarti termasuk dalam kelas Jurnal kualitas sangat baik.

Sedangkan berbagai jurnal yang lain masih tergolong Sinta di bawah 2, dan sebagian belum terakreditasi.

“Kedua jurnal yang telah terakreditasi SINTA 2 adalah Jurnal Ilmiah Refleksi Hukum dari Fakultas Hukum dan Jurnal Ekonomi Bisnis dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis,” tegasnya.

Sebagai tambahan informasi, dalam workshop ini dihadirkan sejumlah narasumber seperti Indirani Wauran-Wicaksono.

Bersamaan, turut diluncurkan Jurnal Pengabdian Masyarakat Satya Wacana (JPMSW).

Jurnal yang sifatnya interdisipliner ini diharapkan dapat memberi warna pada penelitian di UKSW. (M Nafiul Haris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved