Stikes Telogorejo

Hari Keperawatan Internasional: 'Nurse Social Action - A Voice to Lead Health for All' di Semarang

Mahasiswa keperawatan se-Kota Semarang gelar aksi kreatif bertema NASA (Nurse Social Action) A Voice To Lead - Health For All, Sabtu (4/5/2019).

Hari Keperawatan Internasional: 'Nurse Social Action - A Voice to Lead Health for All' di Semarang
IST
Aksi kreatif Mahasiswa Keperawatan se-Kota Semarang bertajuk NASA (Nurse Social Action) A Voice To Lead - Health For All di Sawahbesar Gayamsari, Kota Semarang, Sabtu (4/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM - Dalam memperingati Hari Keperawatan Internasional, mahasiswa keperawatan se-Kota Semarang bersinergi dengan ILMIKI Wilayah IV mengadakan pengabdian masyarakat dan aksi kreatif (inagurasi) di Kelurahan Sawahbesar, Gayamsari, Kota Semarang, Sabtu (4/5/2019).

Acara ini bertema NASA (Nurse Social Action) A Voice To Lead - Health For All.

Kegiatan kali ini diikuti oleh 8 Perguruan tinggi Keperawatan di Kota Semarang, yakni Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Diponegoro, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Ngudi Waluyo, STIKes Karya Husada, STIKes Telogorejo, STIKes Widya Husada, dan Politeknik Kesehatan Semarang.

Kegiatan ini selain memperingati hari kelahiran tokoh keperawatan modern Florence Nightingale juga sebagai wujud untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, khususnya masyarakat di Sawahbesar.

NASA (Nurse Social Action) A Voice To Lead - Health For All bertujuan agar mahasiswa keperawatan dapat memberikan pelayanan kesehatan secara professional kepada masyarakat, sehingga masyarakat menjadi lebih mengetahui tugas dan peran perawat yang sebenarnya. 

Kegiatan ini disambut antusias yang luar biasa oleh warga dan dihadiri 180 masyarakat Sawahbesar.

Serangkaian kegiatan berupa kerja bakti, penanaman bibit obat, cek kesehatan yang terdiri dari cek kesehatan mata, cek gula darah sewaktu, cek tekanan darah, berat badan, tinggi badan, bazar murah, lomba mewarnai, dan pendidikan kesehatan cuci tangan yang baik dan benar yang ditujukan untuk anak usia sekolah.

Sugiyono, ketua RW 6 Sawahbesar menyampaikan, “Saya berterima kasih sekali karena sudah memilih RW 6, untuk dijadikan tempat kegiatan Internasional Nursing Day 2019. Dengan diadakannya acara tersebut diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya bagi warga kurang mampu dengan adanya bazar murah dan cek kesehatan gratis.”

“Terimakasih kepada seluruh panitia dan masyarakat di Desa Sawah Besar Gayamsari, Semarang yang terlibat dalam acara ini. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan tumbuhnya rasa peduli kepada masyarakat dan terjalinnya hubungan yang baik antar mahasiswa Keperawatan se Kota Semarang," jelas Afifah, selaku Ketua Panitia Internasional Nursing Day 2019.

NASA (Nurse Social Action) A Voice To Lead - Health For All melanjutkan kegiatan yaitu aksi kreatif berupa membagi takjil kepada masyarakat di wilayah Taman Tirto Agung, Tembalang, Semarang.

Berlanjut kegiatan buka bersama, tarawih, dan kegiatan malam inagurasi meliputi pembentukan formasi IND (International Nursing Day) dan pentas seni yang dilakukan oleh setiap perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam acara tersebut, Minggu (12/05/2019).

“Acara pengabdian masyarakat dan aksi kreatif tersebut dapat berjalan dengan sukses dan lancar berkat kerjasama yang luar biasa antar mahasiswa Keperawatan se-Kota Semarang, khususnya mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Diponegoro, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Ngudi Waluyo, STIKes Karya Husada, STIKes Telogorejo, STIKes Widya Husada, dan Politeknik Kesehatan Semarang," jelas Afifah.

Hidup Mahasiswa Keperawatan Indonesia! (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved