Arus Mudik Lebaran

PT DLU Tambah 40 Ribu Kursi Angkutan Laut Hadapi Mudik dan Balik

PT Dharma Lautan Utama (DLU) cabang Semarang menyediakan tambahan kapasitas penumpang hingga 15 persen dari tahun sebelumnya

PT DLU Tambah 40 Ribu Kursi Angkutan Laut Hadapi Mudik dan Balik
Tribun Jateng/ Rival Almanaf
(Kiri) Gede Maharta ST manager usaha PT DLU, "tengah) Erwin H Poedjono Dirut PT DLu dan Herman Fajar SE manajer cabang Semarang berfoto bersama di kegiatan buka bersama dan santunan anak panti asuhan di Aston Bubakan, Jumat (17/5/) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - PT Dharma Lautan Utama (DLU) cabang Semarang menyediakan tambahan kapasitas penumpang hingga 15 persen dari tahun sebelumnya untuk menyambut arus mudik dan balik Idul Fitri 2019.

Jika dihitung dengan angka riil, diperkirakan ada tambahan sekitar 40 ribu kursi. Tahun lalu mereka menyediakan 220 ribu dan kini telah dipersiapkan 260 ribu.

"Pertimbangannya jelas karena sejak kenaikan tiket pesawat, transportasi laut kemudian menjadi alternatif. Dampaknya sudah ada sebelum Ramadan dan kami kemudian mempersiapkannya," terang Direktur Utama PT DLU Erwin H Poedjono dalam penyerahan santunan dan buka bersama kepada anak panti asuhan di Aston Bubakan Semarang, Jumat (17/5/2019) lalu.

Untuk itu, mereka juga telah menyiapkan penambahan kapal dan mengajukan surat izin penambahan kapasitas penumpang. Erwin mengungkapkan dari surat yang diajukan ia sudah mendapat dispensasi untuk menambah kapasitas penumpang hingga 15 persen dari tahun sebelumnya.

Meski diakuinya prediksi pemerintah peningkatan penumpang kapal laut pada mudik dan balik tahun ini hanya berkisar lima persen, namun ia tetap menyiapkan jumlah yang lebih besar untuk berjaga-jaga.

"Lebaran kali ini kami menyiapkan 39 kapal terdiri dari 26 kapal lintas penyebrangan dan 13 kapal angkutan laut. Angkutan lebaran tidak hanya H-15 kita persiapkan tapi mulai saat ini sudah diberjalan," ucap Erwin lebih lanjut.

Bahkan untuk angkutan logistik lebaran sudah dimulai sejak H-30 lalu dan akan dilakukan terus hingga H+30 mendatang. Sedangkan untuk angkutan penumpang memang mulai H-15 hingga H+15.

Ia menyebut telah menyiapkan diskon kepada penumpang mudik dan lebaran mulai dari 20 persen hingga 10 persen. Semakin awal membeli tiket akan mendapatkan potongan yang lebih besar. Sebaliknya jika semakin mendekati hari H akan mendapatkan tiket dengan harga normal.

"Harga tiket memang kami membuat variasi khususnya agar terjadi pemerataan karena arus mudik biasanya masyarakat akan membeli secara bersama-sama saat mendekati lebaran," bebernya.

Dalam buka bersama dan santunan anak panti asuhan kali itu PT DLU juga mengundang stakeholder terkait mulai dari Pelindo, hingga anggota TNI-Polri. Erwin berharap dengan berbuka bersama sekaligus mereka bisa berkoordinasi untuk melancarkan arus mudik dan balik. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved