Ardata Latih Siswa SD Negeri Tambangan 01 Semarang Rakit Robot, Ini Tujuan dan Manfaatnya

Selama dua hari, Sabtu (18/5/2019) hingga Minggu (19/5/2019) para siswa dilatih pengenalan software merakit robot di SD Negeri Tambangan 01 Semarang.

Ardata Latih Siswa SD Negeri Tambangan 01 Semarang Rakit Robot, Ini Tujuan dan Manfaatnya
ISTIMEWA
Siswa SD Negeri Tambangan 01 Semarang dikenalkan tentang robotika, di halaman sekolah tersebut di Kecamatan Mijen Kota Semarang, Sabtu (18/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pengenalan cara merakit robot sejak usia dini mulai diterapkan di beberapa SD di Kota Semarang.

Satu di antaranya kepada para siswa SD Negeri Tambangan 01 Semarang.

Selama dua hari, Sabtu (18/5/2019) hingga Minggu (19/5/2019) para siswa dilatih pengenalan software merakit robot di halaman SD Negeri Tambangan 01, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

Sekolah tersebut bekerja sama dengan para wisudawan Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang memiliki perusahaan sofware dan digital market, Ardata.

Para siswa SD ini dikenalkan terkait robotika dan cara menggunakan internet.

Pemateri, Ardian Rizki Rahmawan Direktur Ardata memaparkan manfaat belajar robotik untuk siswa SD.

Beberapa manfaat yang diperoleh adalah merangsang rasa ingin tahu para siswa dan juga melatih siswa berpikir secara sistematis serta terstruktur.

"Ini baik bagi pertumbuhan intelegensi mereka nanti, melatih siswa melatih kemampuan motorik, dan merangsang kreativitas," ujarnya.

Selain itu, juga ada pelatihan sabar oleh para siswa SD, sebab belajar membangun sebuah robot memerlukan proses yang tidak sebentar.

"Ada kemampuan berinovasi dan menyelesaikan masalah, mengajak anak untuk sejak dini mampu bekerja sama sebagai tim," imbuh Ardian.

Pelatihan tim Ardata di antaranya memberikan kesempatan para siswa merakit robot sederhana, mengenalkan cara membuat coding untuk memberi perintah ke robot, hingga menjalankan robot mobil menggunakan aplikasi di ponsel pintar.

"Kami berharap ada kesempatan lain untuk dapat mengenalkan teknologi masa akan datang kepada siswa SD agar mereka tak gagap teknologi," katanya.

Kepala SD Negeri Tambangan 01 Semarang, Haryo Wicaksono senang adanya kegiatan itu.

Ia mengaku sejak lama ingin sekali mengenalkan robot kepada siswanya.

"Kami berharap para siswa dapat didampingi dalam pengenalan robotika hingga ke depan harapan kami dapat mengikuti perlombaan robotik," ujarnya. (Akbar Hari Mukti)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved