Pemilu 2019

Meski Penetapan Caleg Dijadwalkan Pekan Ini, KPU Tetap Tunggu Keputusan MK

Penetapan calon legislatif (caleg) terpilih DPRD Kota Semarang dan perolehan kursi dijadwalkan pekan ini.

Meski Penetapan Caleg Dijadwalkan Pekan Ini, KPU Tetap Tunggu Keputusan MK
Tribun JAteng/Eka Yulianti Fajlin
Ketua KPU Kota Semarang mengadakan Jumpa Pers, Rabu (22/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Penetapan calon legislatif (caleg) terpilih DPRD Kota Semarang dan perolehan kursi dijadwalkan pekan ini.

Hal tersebut menyusul pleno rekapitulasi dan penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat nasional telah dilaksanakan.

Bahkan, penetapan caleg dan perolehan kursi dijadwalkan tiga hari usai penetapan tingkat nasional dengan catatan tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK)

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Henry Casandra Gultom menerangkan, pembacaan rekapitulasi hasil sudah dilakukan oleh KPU Pusat pada 21 mei 2019 dini hari.

Selanjutnya, apabila peserta politik tidak puas dengan hasil yang ditetapkan, mereka boleh melaporkan gugatan ke MK hingga 24 Mei 2019.

"Kami menunggu 3x24 jam apakah ada yang mendaftar gugatan ke MK atau tidak," tutur Nanda, sapaan Ketua KPU, saat jumpa pers, Selasa (21/5/2019) sore.

Lebih lanjut, Nanda mengatakan, jika tidak ada gugatan, penetapan caleg DPRD Kota Semarang terpilih dan perolehan kursi bisa dilakukan. Namun jika ada gugatan, pihaknya menunggu hingga selesai putusan MK.

Dia yakin, masyarakat saat ini sudah bisa menghitung perolehan kursi, namun pihaknya akan menyampaikan hasil jika MK telah memberikan surat keputusan kepada KPU RI kemudian diteruskan hingga KPU Kota.

"Terkait penetapan, kami belum bisa menjawab, kami baru boleh menjawab ketika Kota Semarang sudah dinyatakan tidak ada pihak yang mempersengketakan hasil," terangnya.

Nanda melanjutkan, hingga saat ini pihaknya belum mendapat laporan adanya partai politik di Kota Semarang yang tidak menerima hasil Pemilu 2019.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved