Kisah Pedagang Belimbing dan Jambu Air Oleh-oleh di Masjid Agung Demak, Pesanan Ramai saat Lebaran

Kuliner khas Demak yang dijual yaitu kuliner belimbing Rp 15 ribu per kg, jambu air Rp 20 ribu per kg, manisan belimbing jambu Rp 20 ribu satu box.

Kisah Pedagang Belimbing dan Jambu Air Oleh-oleh di Masjid Agung Demak, Pesanan Ramai saat Lebaran
Tribunjateng/Alaqsha Gilang Imantara
Menantu Hj. Sutina sedang melayani pembeli dari Solo di pujasera parkiran pariwisata dekat Masjid Agung Demak, Rabu (5/6/2019) siang. 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Hj Sutina dan menantunya tampak sedang melayani pembeli di pujasera parkiran pariwisata dekat Masjid Agung Demak, Rabu (5/6/2019) siang.

Mertua dan menantu ini menjual kuliner khas Demak.

Kuliner khas Demak yang dijual yaitu kuliner belimbing Rp 15 ribu per kg, jambu air Rp 20 ribu per kg, manisan belimbing jambu Rp 20 ribu satu box, sagon Rp 17ribu per box, carangmadu Rp 8 ribu.

"Belimbing khas Demak bibitnya dari Demak. Selain dijual di Demak, belimbing Demak juga dijual ke daerah lain," ujarnya ditemui di pujasera parkiran pariwisata dekat Masjid Agung Demak, Rabu (5/6/2019).

Dirinya tinggal di Desa Betokan, Kecamatan Demak yang terkenal sebagai desa penghasil buah jambu dan belimbing.

Dia sudah 30 tahun berjualan kuliner khas Demak. Namun, sejak 1 tahun yang lalu, menantunya mulai membantu Sutina dalam berjualan.

Hj Sutina biasanya kulakan seminggu sekali dengan membawa 3 peti yang berisi 1 kwintal lebih belimbing.

Setiap peti berisi 36 kg - 40 kg.

"Belimbing biasanya bertahan 1 Minggu, jika lebih dari seminggu bisa membusuk. Kalau sudah busuk harus dibuang dan tidak bisa dijual," ungkapnya.

Oleh karena itu, Hj. Sutina juga berjualan kuliner lain yang tahan lama seperti Jenang Kudus Rp 20 ribu kg, jenang Jawa barat Rp 20 ribu kg, rengginang dari Muntilan Rp 10 ribu per bungkus, Wajik Bandung Rp 25 ribu per kg, dan bakpia patok Rp 15 ribu - Rp 20 ribu per bungkus.

Halaman
12
Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved