Ribuan Orang Kunjungi Makam Bergota Kota Semarang saat Hari Raya Idul Fitri, Doakan Leluhur

Ribuan orang dari berbagai daerah di Kota Semarang tumpah ruah di kawasan Makam Bergota Kecamatan Semarang Selatan, Rabu (5/6/2019).

Ribuan Orang Kunjungi Makam Bergota Kota Semarang saat Hari Raya Idul Fitri, Doakan Leluhur
TRIBUN JATENG/EKA YULIANTI FAJLIN
Warga sedang nyekar di Pemakaman Bergota, Rabu (5/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ribuan orang dari berbagai daerah di Kota Semarang tumpah ruah di kawasan Makam Bergota Kecamatan Semarang Selatan, Rabu (5/6/2019).

Orang datang silih berganti menuju makam tebesar di Kota Semarang itu untuk berkirim doa kepada sanak saudara yang telah meninggal.

Seorang warga Pamularsih, Kris Riyadi mengaku tak pernah absen mengunjungi makam ayahanda setiap lebaran. Usai salat idulfitri, dia dan keluarganya bertolak ke Pemakaman Bergota bersama-sama.

Dia bersimpuh di pinggir makam ayahnya. Telapak tangan dibuka lebar untuk mendoakan orang tuanya yang telah bertahun-tahun meninggalkan dunia ini.

Lantunan doa dan suratan terucap lamat-lamat dari bibirnya. Bunga yang baru saja dibelinya sebelum berziarah pun ditaburkan tepat di makam ayahandanya.

"Setiap malam Jumat biasanya kesini, tapi khusus saat lebaran pasti selalu kesini untuk mendoakan arwah bapak," tutur Kris.

Dia mengaku, nyekar atau berkirim doa untuk sanak saudara yang sudah meninggal merupakan tradisi turun temurun dari leluhur.

Di samping itu, ritual ini mengingatkannya untuk selalu bersyukur kepada sang pencipta atas umur panjang yang diberikan.

"Alhamdulillah masih bisa memijakkan kaki ke sini. Siapa tahu saja lebaran besok kita sudah tidak ada. Jadi, selagi bisa menengok dan mendoakan kenapa tidak," terangnya.

Warga Semarang Utara, Juminah pun demikian. Dengan mengajak anak dan saudara lainnya dia berangkat menuju Kawasan Pemakaman Bergota. Baginya Nyekar saat lebaran merupakan hal wajib.

"Mendoakan kakek, nenek, saudara yang sudah meninggal semoga disana mereka senang seperti kami yang juga dalam kegembiraan di hari fitri ini," ucapnya. (eyf)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved