Lomba Kebun Jeruk Digelar September, Upaya Pemkab Wujudkan Slogan Batang Republik Jeruk

Pemkab Batang melalui Dinas Pertanian dan Pangan Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Kabupaten Batang menggaungkan Slogan Republik Jeruk.

Lomba Kebun Jeruk Digelar September, Upaya Pemkab Wujudkan Slogan Batang Republik Jeruk
TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
Petugas Disparperta Kabupaten Batang meninjau kebun jeruk yang berada di Desa Pesaren, Kecamatan Warungasem, Minggu (23/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Pada era 1980 hingga 1990an, tanaman jeruk sempat berjaya, bahkan produksi jeruk di Kabupaten Batang, cukup berlimpah.

Namun sekitar 2000, adanya satu penyakit jeruk yang menyerang semua tanaman hingga produksi yang dihasilkannya pun anjlok.

Sehingga para petani jeruk beralih ke tanaman lain, seperti padi dan jagung.

Sebagai upaya untuk menggeliatkan kembali kejayaan produksi jeruk, Pemkab Batang melalui Dinas Pertanian dan Pangan Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Kabupaten Batang menggaungkan Slogan Republik Jeruk.

Bahkan, Pemkab Batang merencanakan untuk membuat tempat agrowisata kebun jeruk.

Selain telah menaman puluhan ribu bibit, Pemkab juga bakal menghelat Lomba Kebun Jeruk.

"Lomba tersebut digelar untuk menjaga semangat para petani jeruk di Kabupaten Batang, yang sedang menggiatkan dan berupaya mewujudkan Batang sebagai Republik Jeruk," terang Kasi Sarpras Holtikultura Dispaperta Kabupaten Batang, Irhas Fredi Wibowo saat ditemui beberapa waktu lalu.

Irhas menjelaskan, lomba kebun Jeruk rencananya dilaksanakan pada September 2019 dan pemenang lomba diumumkan pada November 2019.

"Proses lomba memang terhitung lama, karena Disparperta akan melibatkan seluruh petani jeruk di Kabupaten Batang. Jumlahnya ada 108 petani tersebar di 14 Kecamatan, dinaungi 34 kelompok tani, dan menggarap lahan seluas 70,43 hektare. Jumlah bibit jeruk 35.335 batang," jelasnya.

Dikatakannya, para petani menanam bibit jeruk terdiri dari tujuh varietas di antaranya jeruk Terigas, Pontianak, Siam Madu, Monte, Batu 55, Jeruk AB, dan Keprok RGL.

Halaman
12
Penulis: dina indriani
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved