Ernest Ceti Sebut Demak dan Jepara Belum Masuk Daerah Anak Berprestasi

Berdasarkan Pergub Jateng nomor 9 tahun 2019 yang merupakan tindak lanjut Permendikbud nomor 51 tahun 2018, dalam PPDB SMA tahun 2019, 90% penerimaan

Ernest Ceti Sebut Demak dan Jepara Belum Masuk Daerah Anak Berprestasi
Tribunjateng.com/Hermawan Handaka
Ratusan Calon Siswa SMA dan SMK Se Jateng Mulai Melakukan Pendaftaran Sekolah 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Berdasarkan Pergub Jateng nomor 9 tahun 2019 yang merupakan tindak lanjut Permendikbud nomor 51 tahun 2018, dalam PPDB SMA tahun 2019, 90% penerimaan siswa diambil dari jalur zonasi, 5% jalur prestasi, dan 5% jalur kepindahan orang tua.

Dibeberapa wilayah di Jawa Tengah muncul polemik dalam PPDB SMA, terutama presentase jalur prestasi sebesar 5 persen yang dirasa belum adil bagi siswa berprestasi.

Oleh karena itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah, Jumeri untuk meminta izin kepada Kemendikbud agar presentase jalur prestasi di Jawa Tengah diperbesar.

Meski begitu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Provinsi Jawa Tengah, Dr. Ernest Ceti Septyanti, SE. MSi, mengatakan penambahan presentase jalur prestasi nantinya kurang begitu berpengaruh di wilayahnya (Demak dan Jepara), karena tidak termasuk kantong anak berprestasi.

"Karena prosentase anak berprestasi di setiap daerah potensinya berbeda, misalnya sekolah di suatu daerah untuk anak-anak berprestasinya hampir tidak ada.

Tetapi untuk anak berprestasi di kota, jumlahnya biasanya sangat banyak," ucapnya ditemui di kantor Dinas Pendidikan Wilayah II di Kabupaten Demak, Rabu (26/6/2019).

Tetapi permasalahan itu tidak muncul di wilayah II (Demak dan Jepara), karena di wilayah II belum menjadi kantong anak berprestasi.

"Untuk prestasi di wilayah II (Demak dan Jepara) tidak begitu seperti di kota, karena dasarnya prestasi di Demak dan Jepara memang tidak besar," jelasnya.

Diakuinya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memang sangat mendukung untuk anak - anak berprestasi bisa masuk ke negeri.

"Jadi penambahan presentase jalur prestasi sedang diupayakan oleh pak gubernur, draftnya tinggal di tanda tangani oleh pak gubernur," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved