Capres 2024

Ganjar Pranowo Masuk Bursa Capres 2024

Lembaga penelitian Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA memprediksi 15 tokoh calon presiden yang akan bertarung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres

Ganjar Pranowo Masuk Bursa Capres 2024
IST
Gubernur Ganjar Pranowo meluncurkan aplikasi Jalan Cantik saat membuka Jateng Fair 2019, Jum'at (28/6) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Lembaga penelitian Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA memprediksi 15 tokoh calon presiden yang akan bertarung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Ada empat gubernur di Jawa yang masuk dalam bursa tersebut yaitu Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Anies Baswedan, dan Khofifah Indar Parawansa.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanggapi dingin soal namanya yang mulai masuk bursa Capres berikutnya. “Kalau sekarang, masih terlalu dini bicara pilpres 2024,” kata Ganjar saat dihubungi Tribun Senin (2/7) malam.

Ganjar menambahkan, namanya masuk dalam bursa capres baru sebatas pernyataan saja. “

Itu kan hanya pernyataan, kalau kami di PDIP punya mekanisme internal, jadi tidak bisa kegeeran karena pernyataan ini,” kata politisi PDIP itu.

Sementara itu, nama Ganjar juga sering disebut berpeluang untuk mengisi kabinet baru yang akan dibentuk presiden terpilih Joko Widodo. “Akan baik kalau saya tetap di Jateng, karena Pak Jokowi butuh kaki yang kuat untuk mengeksekusi program-program strategis nasional,” ujarnya.

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar mengatakan para tokoh yang masuk bursa dibagi berdasarkan 3 kriteria, yakni berdasarkan pimpinan pemerintah daerah, partai politik, hingga jenjang jabatan di pemerintahan.

Prediksi tersebut disampaikan Rully Akbar dalam acara bertajuk Setelah Putusan MK: 15 Capres 2024 Masuk Radar di kantor LSI, kawasan Rawamangun, Jakarta, Selasa (2/7). Rully menyebutkan, 15 tokoh yang didapatkan dari 3 kategori tersebut tingkat pengenalan masyarakat di atas 25 persen.

Berdasarkan kategori pimpinan pemerintah daerah, LSI Denny JA memprediksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa, masuk bursa Pilpres 2024.

Kategori partai politik, ada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto, Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimutri Yudhoyono (AHY), Politisi PDI Perjuangan Puan Maharani, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar

Dalam kategori selanjutnya, yakni pejabat di pemerintahan, nama-nama yang diprediksi oleh LSI Denny JA yaitu Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kepala BIN Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved