Karena Tiga Hal Ini, Dewan Apresiasi Kinerja Pemkab Kendal Selama 2018

DPRD Kabupaten Kendal mengapresiasi kinerja Pemkab Kendal dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pengendalian inflasi, dan penanggulangan kemiskinan.

Karena Tiga Hal Ini, Dewan Apresiasi Kinerja Pemkab Kendal Selama 2018
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Wakil Bupati Kendal menandatangani Persetujuan Bersama atas Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2018 pada Kamis (11/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - DPRD Kabupaten Kendal mengapresiasi kinerja Pemkab Kendal dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pengendalian inflasi, dan penanggulangan kemiskinan di Kendal sepanjang 2018.

Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kendal sebesar 5,68 persen pada 2018.

Hal itu berada di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional dan provinsi.

Selain itu, Pemkab Kendal juga dapat menekan inflasi di bawah 3 persen dan menekan angka kemiskinan dari 12,8 persen menjadi 9,84 persen.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kendal, Muhammad Makmun mengatakan, perolehan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Tahun 2018 Kabupaten Kendal dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) merupakan hal yang patut diapresiasi.

Menurutnya, predikat WTP merupakan indikator pengelolaan keuangan daerah secara administrasi dapat dipertanggungjawabkan sesuai standar akuntansi pemerintah.

"Untuk mempertahankan WTP dilakukan upaya penyempurnaan sistem, mekanisme, dan prosedur keuangan daerah. Selain itu peningkatan kemampuan, keterampilan dari ASN," ujarnya dalam Rapat Paripurna Persetujuan Bersama atas Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2018, Kamis (11/7/2019).

Meski demikian, pihaknya tetap memberikan beberapa catatan untuk menjadi bahan pertimbangan dan saran untuk Pemkab Kendal agar meningkatkan pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik.

"Peningkatan pengolaan keuangan yang baik akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarkaat," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur mengatakan peraihan WTP itu berkat koordinasi dan kerja sama antara legeslatif dan eksekutif dalam menerapkan konsistensi dan disiplin pada pengelolaan keuangan daerah dan aset daerah.

"Selanjutnya Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2018 akan disampaikan kepada Gubernur jateng untuk selanjutnya dapat dievaluasi," pungkasnya. (Dhian Adi Putranto)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved