BNNP Jateng Tangkap Pengedar Sabu dari Kampung Narkoba

Selain Zupiandi, petugas juga meringkus Yusuf dan Minggus Indriansyah. Keduanya ditangkap di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2 Pontianak

BNNP Jateng Tangkap Pengedar Sabu dari Kampung Narkoba
Tribunjateng.com/Jamal A. Nashr
Tersangka jaringan peredaran sabu Semarang-Pontianak ketika berada di Kantor BNNP Jateng, Kamis (25/7/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah menangkap pengedar sabu bernama Zupiandi Oktarian asal Kampung Beting Kalimantan Barat, kampung tersebut dikenal sebagai kampung narkoba, Rabu (24/7/2019).

Selain Zupiandi, petugas juga meringkus Yusuf dan Minggus Indriansyah. Keduanya ditangkap di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2 Pontianak.

Penangkapan tersebut merupakan pengembangan pengungkapan penyelundupan sabu melalui Pelabuhan Tanjung Emas dengan tersangka Sutan Andi Widakso 9 Juli lalu.

"Kita lakukan kegiatan penjemputan, pengkapan narapidana yang berada di Lapas Kelas 2 Pontianak dan pemasok yang di Kampung Beting Kalbar, kampung yang cukup rawan di Indonesia dikenal Kampung Narkoba," sebut Kabid Pemberantasan BNNP Jateng, Susanto, Kamis (25/7/2019).

Ia mengatakan, Minggus merupakan napi dua kasus narkoba. Pertama telah divonis hukuman mati namun dalam kasasi hukuman dikurangi menjadi 17 tahun. Saat ditangkap, ia mendekam di Lapas atas kasus yang sama dengan vonis seumur hidup.

"Sementara Yusuf divonis lima tahun tiga bulan baru menjalani dua tahun. Barang buktinya HP kita sita dan ada satu HP yang dibuang ke luar lapas. Dia sudah tahu ada penangkapan di Jawa Tengah yang kita kembangkan ke Kalimantan," ujarnya.

Menurutnya, satu-satu tersangka yang diamankan di luar Lapas, Zupiandi, berperan memberi narkotika kepada Sutan yang telah diamankan sebelumnya di Pelabuhan Tanjung Emas.

Berdasarkan penangkapan tersebut, diketahui alur jaringan peredaran sabu Semarang-Pontianak tersebut. Atas perintah napi Lapas Kedungpane bernama Ferry Arianto, Sutan berangkat ke Pontianak untuk memesan sabu kepada Minggus.

Dari dalam Lapas Pontianak, Minggus bersama Yusuf menyuruh Zupiandi di Kampung Beting untuk memberikan sabu seberat 200 gram kepada Sutan. Ketika kembali, Sutan dibekuk petugas BNNP Jateng di Pelabuhan Tanjung Emas. (*)

Penulis: Jamal A. Nashr
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved