Kampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Dinas Kesehatan Jateng Buat Film 4G

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah kembali melaksanakan produksi 4G Goro-Goro Gayeng Germas untuk sosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Kampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Dinas Kesehatan Jateng Buat Film 4G
TRIBUN JATENG/IDAYATUL ROHMAH
Suasana produksi film bertema TBC oleh Dinkes Jateng bersama dua bintang tamu, Prof Edi Darmono dari FK Undip sebagai Antasena dan dr. Suhardiyono, SpOT dari Rumah Sakit Telogorejo sebagai Gatotkaca. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah kembali melaksanakan produksi 4G Goro-Goro Gayeng Germas untuk sosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Kamis (25/7/2019) malam.

Kali ini, 4G mengangkat tema Tuberculosis atau yang sering disebut TBC.

Hadir sebagai bintang tamu Prof Edi Darmono dari FK Undip sebagai Antasena dan dr. Suhardiyono, SpOT dari Rumah Sakit Telogorejo sebagai Gatotkaca beradu peran dengan Kepala Dinkes Jateng, dr. Yulianto Prabowo M.Kes yang berperan sebagai Petruk.

Pemeran lainnya, Teguh Hoky sebagai Gareng, Totok Pamungkas sebagai Bagong, Agus Priyono sebagai Sondong, Setyo Handoko sebagai Gendon, Ayu Novioktaviana Hapsari sebagai Ceplus.

Satu di antara bintang tamu, Prof Edi yang saat itu berperan sebagai Antasena, kakak dari Gatotkaca tersebut mengisahkan, dirinya bersama Gatotkaca ke aparat pemerintah Negara Amarta untuk turut membasmi tuberculosis.

Dalam kaitannya hal itu, lanjutnya, pemerintah membuat suatu program yang diberi nama TOSS atau dengan kepanjangan "Temukan Obati Sampai Sembuh".

"Jadi kami secara aktif para petugas kesehatan itu datang ke rumah-rumah untuk mendeteksi apakah ada penderita TB. Kalau ada lalu diobati," terang dia.

Gubernur Ganjar akan Berikan Bonus ke Atlet Jateng Peraih Medali di Asean School Games 2019

Terpisah, dalam kaitannya dalam hal ini, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah memang saat ini mengaku sedang gencar mengurangi kasus TBC di Jawa Tengah.

Yulianto menuturkan, sesuai komitmen secara nasional dalam mengeliminasi TBC tahun 2030, target Jawa Tengah adalah dapat memberantas TBC pada tahun 2028.

Sementara itu, lanjutnya, dalam upaya mengurangi TBC pihaknya juga berkomitmen menerapkan program yang berlaku secara nasional yakni Temukan Obati Sampai Sembuh (TOSS) TBC.

Halaman
12
Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved