Penyelam Polda Jateng Akan Ikuti Pemecahan Rekor Dunia di Manado

Penyelam Polda Jateng melakukan persiapan akhir di Kolam Renang GOR Manunggal Jati, Sabtu (27/7/2019).

Penyelam Polda Jateng Akan Ikuti Pemecahan Rekor Dunia di Manado
Tribun jateng/Hermawan Handaka
Penyelam Polda Jateng melakukan penyegaran selam dalam rangka kesiapan akhir sebelum mengikuti pemecahan rekor dunia di Manado bertempat di Kolam Renang Manunggal Jati Kota Semarang, Sabtu (27/7). (Tribun jateng/Hermawan Handaka) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Jamal A Nashr

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Penyelam Polda Jateng melakukan persiapan akhir di Kolam Renang GOR Manunggal Jati, Sabtu (27/7/2019). Persiapan tersebut dilakukan sebelum mengikuti pemecahan rekor dunia di kawasan Pantai Megamas Manado Sulawesi Sulawesi Utara.

Rekor yang dipecahkan adalah penyelaman dengan jumlah penyelam terbanyak. Sebanyak 3.000 penyelam akan terlibat. Polda Jateng mengirimkan 49 penyelam yang terdiri dari 13 polisi laki-laki (Polki) dan 36 polisi wanita (Polwan).

Dirpolair Polda Jateng Kombes Pol Risnanto menyebutkan, para penyelam akan didampingi 3 orang ofisial, 2 tenaga kesehatan lapangan, dan rescue diver.

"Kita sudah sejak jauh hari melakukan persiapan. Mulai dari pelatihan di kelas, sertifikasi meliputi kegiatan di kolam renang, kemudian kita berangkatkan ke Karimunjawa. Ini terakhir persiapan sebelum berangkat," sebutnya.

Para penyelam akan berangkat ke Manado Kamis (1/8/2019). Acara yang merupakan rangkaian HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia tersebut akan dipusatkan di kawasan Pantai Megamas Manado selama tiga hari, mulai Kamis hingga Sabtu.

"Nanti mereka akan membentuk formasi di kedalaman sembilan meter, selama 12 menit untuk memecahkan rekor dunia penyelaman yang saat ini di angka 2.465 nanti akan diikuti lebih dari 3.000 penyelam," ujarnya.

Penyelam Polda Jateng melakukan penyegaran selam dalam rangka kesiapan akhir sebelum mengikuti pemecahan rekor dunia di Manado bertempat di Kolam Renang Manunggal Jati Kota Semarang, Sabtu (27/7).
Penyelam Polda Jateng melakukan penyegaran selam dalam rangka kesiapan akhir sebelum mengikuti pemecahan rekor dunia di Manado bertempat di Kolam Renang Manunggal Jati Kota Semarang, Sabtu (27/7). (Tribun jateng/Hermawan Handaka)

Para penyelam mengaku telah siap mengikuti pemecahan rekor dunia di Manado. Sejumlah sarana penyelaman baik peralatan, fisik, dan mental para peserta telah siap.

"Sejauh ini tidak ada kendala semua berjalan lancar. Insyaallah kita semua berangkat ke Manado tanggal 1 sampai 5 Agustus," sebut satu di antara peserta, Bripda Adzima Aisya, anggota Satker Biro Logistik Polda Jateng.

Ia mengatakan, selain penyelaman dengan jumlah perenang terbanyak, dalam acara tersebut juga akan dilakukan rantai manusia terpanjang dan pengibaran bendera terbesar.

"Kesiapan kami membawa peralatan selam masing-masing. Kemudian persiapan fisik, latihan, dan pengarahan dari teori sampai praktek. Sampai kita sudah ke Karimunjawa latihan tiga hari di sana mencapai kedalaman 25 meter dan terakhir ini penyegaran kembali," tuturnya. (jam)

Penulis: Jamal A. Nashr
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved