Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian dan Pangan Kendal Inspeksi Kesehatan Hewan Kurban

Dinas Pertanian dan Pangan Kendal melakukan inspeksi kesehatan terhadap hewan kurban yang dijual oleh para peternak dan pedagang kurban

Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian dan Pangan Kendal Inspeksi Kesehatan Hewan Kurban
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kendal, Tjipto Wahjono menunjukkan kambing yang sehat. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Dinas Pertanian dan Pangan Kendal melakukan inspeksi kesehatan terhadap hewan kurban yang dijual oleh para peternak dan pedagang kurban di beberapa daerah di Kendal.

Inspeksi ini untuk memastikan warga Kendal konsumsi daging kurbansehat.

Inspeksi Kesehatan itu dilakukan sejak tiga pekan sebelum hari raya Idul Adha.

Selain menginspeksi Dinas Pertanian dan Pangan Kendal juga memberikan vaksi dan obat kepada hewan kurban yang sakit agar pada saat hari raya Idul Adha sudah kembali sehat.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Tjipto Wahjono mengatakan selain mengecek kesehatan hewan kurban,  juga mengecek persyaratan hewan yang dikurbankan yakni di antaranya sudah berumur cukup yakni satu minimal satu tahun untuk kambing dan dua tahun untuk sapi, kondisi hewan sehat dan tidak cacat, serta dianjurkan untuk menyembelih hewan berjenis kelamin jantan.

"Pada pengecekan hari ini (1/8) kami menemukan dua ekor kambing yang mengalami sakit mata dan beberapa kambing yang sakit diare akibat stres selama perjalanan perpindahan, sudah kami beri obat dan bisa sembuh sebelum lebaran kurban," katanya

Ia menambahkan bahwa peternak maupun pedagang yang sudah diinspeksi dan hewan kurban yang dijual dalam kondisi baik maka pihaknya akan memberikan surat keterangan hewan layak kurban.

Sehingga nantinya surat itu dapat membuat yakin para pembeli hewan kurban di tempat tersebut.

"Pembeli yang hendak membeli bisa menanyakan apakah sudah diinspeksi oleh dinas apa belum kepada penjual. Nantinya yang sudah dapat menunjukkan surat keterangan layak kurban," tuturnya.

Menurutnya inspeksi kesehatan ini akan dilakukan hingga H-1 Idul Adha.

Halaman
12
Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved