Penurunan Ekspor Bakal Sulitkan Target Pertumbuhan Ekonomi Jateng 7%

Target pertumbuhan ekonomi Jateng hingga 7 persen diperkirakan sulit terwujud, menyusul kinerja ekspor yang belum stabil.

Penurunan Ekspor Bakal Sulitkan Target Pertumbuhan Ekonomi Jateng 7%
TRIBUNJATENG/M SOFRI KURNIAWAN/DOK
Terminal Peti Kemas Tanjung Emas di Kota Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Target pertumbuhan ekonomi Jateng hingga 7 persen diperkirakan sulit terwujud, menyusul kinerja ekspor yang belum stabil.

Rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng mencatat pertumbuhan ekonomi di provinsi ini pada kuartal II/2019 baru mencapai 5,62 persen secara year on year (yoy).

Di tahun-tahun sebelumnya, angka tertinggi pertumbuhan ekonomi Jateng hanya mendekati 6 persen. Jarak dari target semakin terlihat kesenjangannya jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang hanya 3,54 persen.

Kepala BPS Jateng, Sentot Bangun Widoyono mengatakan, pertumbuhan ekonomi saat ini didukung beberapa kategori lapangan usaha. Yang tertinggi diduduki kategori penyedia akomodasi dan makan minum sebesar 19,4 persen.

"Tingginya pertumbuhan dari kategori itu tidak terlepas dari meningkatnya permintaan makanan dan minuman pada momen pemilihan umum lalu," katanya, dalam keterangan tertulis, Rabu (7/8).

Faktor lain yang mendukung pertumbuhan kategori makanan minuman dan akomodasi adalah karena pada kuartal II terdapat momen Ramadan dan Idulfitri yang juga meningkatkan permintaan di tingkat masyarakat.

Kedua momen itu tidak akan hadir lagi pada kuartal ketiga dan keempat. Tetapi, Sentot menuturkan, ada beberapa kategori yang belum tergarap maksimal dan potensinya cukup besar.

Ia menyebut, Industri yang patut didorong untuk mewujudkan target pertumbuhan ekonomi di sisa 2019 ini adalah kategori jasa akomodasi dan pariwisata.

"Kuartal ketiga dan keempat biasanya akan menjadi musim puncak bagi perhotelan, penerbangan, dan pariwisata," jelasnya.

Sentot mengungkapkan, industri yang terus tumbuh diharapkan bisa mewujudkan neraca perdagangan surplus sebagai pendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Halaman
12
Penulis: rival al-manaf
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved