Jawa Tengah akan Memiliki Bumi Perkemahan Terintegrasi dan Ramah Lingkungan

Jawa Tengah bakal memiliki bumi perkemahan dengan konsep terintegrasi dalam berbagai bidang dan ramah lingkungan.

Jawa Tengah akan Memiliki Bumi Perkemahan Terintegrasi dan Ramah Lingkungan
ISTIMEWA
Ketua Kwarda Jawa Tengah, Siti Atikoh Ganjar Pranowo saat melakukan kunjungan dan peletakan batu pertama bumi perkemahan terintegrasi di Pusat Kegiatan Kepramukaan Candra Birawa di Karanggeneng, Gunungpati, Kota Semarang, Selasa (13/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Jawa Tengah bakal memiliki bumi perkemahan dengan konsep terintegrasi dalam berbagai bidang dan ramah lingkungan.

Bumi perkemahan ini akan dijadikan pusat pembelajaran bagi anggota pramuka di Jawa Tengah untuk meningkatkan kemampuan kepramukaannya.

Ketua Kwarda Jawa Tengah, Siti Atikoh Ganjar Pranowo mengatakan pusat pembelajaran ini terintegrasi meliputi keterampilan kepramukaan, life skill dan ilmu pengetahuan.

Konsep bangunannya pun disesuaikan dengan dunia kepramukaan, yakni ramah lingkungan.

“Makanya waktu awal saya dilantik menjadi Ka-Kwarda dan kesini bersama Mas Ganjar (Gubernur Ganjar Pranowo), saya bilang bumi perkemahan ini masih bisa dioptimalkan. Kemudian dibahas dan akhirnya dilakukanlah pengembangan dengan pembangunan ini,” ujarnya pada peletakan batu pertama pembangunan kawasan 2 Pusat Kegiatan Kepramukaan Candra Birawa di Karanggeneng, Gunungpati, Kota Semarang, Selasa (13/8/2019).

Pria yang Menderita Gangguan Jiwa Kini Tinggal Bersama di Rumah Dinas Bupati Banjarnegara

Atikoh mengatakan dirinya begitu gembira karena menjelang Hari Pramuka, Kwarda Jateng melakukan pembangunan pusat kepramukaan ini.

Bumi perkemahan ini akan dibangun dengan konsep terintegrasi yakni memiliki gedung serba guna yang terbuka untuk umum, dan bumi perkemahan khusus untuk melakukan kegiatan kemah di bagian belakang.

"Gedung itu dibangun karena kalau kita mau mengadakan kegiatan yang indoor masih kekurangan tempat," jelas Atikoh.

Konsep pengembangan bumi perkemahan ini juga melibatkan sejumlah dinas yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk turut berkontribusi.

Seperti halnya dengan Dinas Koperasi dan UMKM yang menyediakan pusat bisnis di kawasan itu yang nantinya akan menggandeng masyarakat sekitar.

Halaman
12
Penulis: faisal affan
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved