Supriyadi Serahkan Tampuh Kepemimpinan ke Ketua Sementara DPRD Kota Semarang Periode 2019-2024

Sebanyak 50 anggota dewan terpilih pada pemilihan legislatif (pileg) beberapa waktu lalu, mengucapkan sumpah janji sebagai DPRD Kota Semarang

Supriyadi Serahkan Tampuh Kepemimpinan ke Ketua Sementara DPRD Kota Semarang Periode 2019-2024
TRIBUN JATENG/EKA YULIANTI FAJLIN
Sebanyak 50 anggota dewan terpilih pada pemilihan legislatif (pileg) beberapa waktu lalu, mengucapkan sumpah janji sebagai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebanyak 50 anggota dewan terpilih pada pemilihan legislatif (pileg) beberapa waktu lalu, mengucapkan sumpah janji sebagai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang periode 2019-2024 di ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Semarang, Rabu (14/8/2019).

Setelah pengucapan sumpah, Ketua DPRD Kota Semarang periode 2014-2019, Supriyadi, langsung menyerahkan tampuh kepemimpinan kepada Ketua dan Wakil Ketua Sementara DPRD Kota Semarang sebelum dipilih pimpinan definitif periode 2019-2024.

Adapun Ketua Sementara DPRD terpilih yaitu Kadarlusman dari PDIP, sedangkan Wakil Ketua diduduki Abdul Majid dari Partai Gerindra.

Pemilihan tersebut berdasarkan Undang-Undang 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah Pasal 165 ayat 1 dan ayat 2, yang mana pimpinan DPRD kabupaten/kota memilih pimpinan sementara sebelum terpilih pimpinan definitif.

Pimpinan tersebut diambil dari dua partai politik yang memperoleh suara terbanyak dalam pemilu.

Ketua Sementara DPRD Kota Semarang, Kadarlusman mengatakan, setelah ini pihaknya akan segera menggelar beberapa agenda mulai dari pembentukan tata tertib, pembentukan alat kelengkapan dewan baik komisi maupun fraksi.

Sementara untuk pimpinan definitif, pihaknya menunggu dari masing-masing partai.

"Kami persiapkan untuk segera maraton pembentukkan tatib. Kami koordinasi dulu sama sekretaris dewan. Inginnya satu bulan selesai. Mudah-mudahan bisa segera terbentuk kelengkapan dewan," ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengucapkan selamat pada para anggota DPRD Kota Semarang yang telah dilantik dan menginginkan adanya sinergi dengan eksekutif untuk memajukan Kota Semarang.

Hendi, sapaan akrabnya, menyebut, banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama, seperti pengolahan sampah menjadi listrik, pembangunan rumah sakit tipe D, sport center di tiap kelurahan serta kecamatan, pengembangan obyek wisata dan lain-lain.

"Dari 50 anggota dewan, ada 17 nama baru. Kami harapkan tentunya mereka bisa langsung melebur dengan yang lama, belajar tata cara birokrasi dan aturan, sistem kerja seperti apa," kata Hendi.

Setelah itu, Hendi meminta dewan terpilih segera menuntaskan janji-janjinya kepada masyarakat.

Dia yakin janji-janji yang diberikan para anggota dewan merupakan langkah untuk kemajuan Kota Semarang. Dia juga berpesan kepada para anggota dewan untuk dapat menjunjung tinggi integritas.

"Jangan membayangkan anggota dewan berlimpah ruah dengan hal-hal yang sifatnya penyalahgunaan dan kekuasaan. Semua orang pasti akan ikut memantau. Jalani sesuai tupoksi masing-masing bekerja sesuai aturan. Harapan saya persoalan integritas harus dijaga dengan baik," pintanya. (eyf)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved