Inilah Tiga Nama Calon Ketua DPRD Kota Semarang Periode 2019-2024 ke DPP

Ketua DPRD Kota Semarang periode 2014-2019 Supriyadi dipastikan tidak lagi menduduki jabatan tersebut lima tahun ke depan.

Inilah Tiga Nama Calon Ketua DPRD Kota Semarang Periode 2019-2024 ke DPP
ISTIMEWA
Kantor DPRD Kota Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Ketua DPRD Kota Semarang periode 2014-2019 Supriyadi dipastikan tidak lagi menduduki jabatan tersebut lima tahun ke depan.

Nama anggota dewan yang terpilih lagi ini tak masuk daftar tiga calon yang diusulkan DPC PDIP Kota Semarang ke DPP untuk menduduki posisi ketua DPRD periode 2019-2024.

Sebagai pemenang Pemilu 2019, PDIP berhak menduduki kursi ketua DPRD. Periode 2019-2024, PDIP berhasil menguasai 19 kursi dari total 50 anggota DPRD Kota Semarang.

"Ada tiga nama yang kami usulkan ke DPP, yakni Kadarlusman, Rukiyanto, dan Joko Susilo," kata Ketua DPC PDIP Kota Semarang Hendrar Prihadi seusai pelantikan DPRD Kota Semarang Periode 2019-2024 di gedung dewan setempat, Rabu (14/8).

Kadarlusman merupakan sekretaris DPC PDIP Kota Semarang sementara Joko Susilo merupakan ketua PAC PDIP Semarang Barat.

Hendi, sapaannya, mengatakan, penunjukan kader yang akan menduduki posisi sebagai ketua DPRD merupakan kewenangan DPP PDIP. Mekanisme pencalonan dimulai dari usulan dari DPC ke DPP lewat DPD PDIP Jawa Tengah.

Di DPP lah seleksi melalui fit and propert test ketiga calon dilaksanakan. Terutama, tentang pengetahuan mereka terkait kedewanan.

Meski begitu, Hendi juga tak menyebut kemungkinan Supriyadi diusulkan menduduki jabatan lain dalam alat kelengkapan DPRD. Hendi hanya berpesan kepada para wakil rakyat dari PDIP agar mereka menjalankan tugas sesuai fungsi dan menjaga integritas.

"Semua menyoroti, semua akan memantau. Kalau menjalankannya sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi), semua akan selamat," kata wali kota Semarang itu.

Sebelumnya, setelah pengucapan sumpah anggota DPRD baru, Ketua DPRD Kota Semarang periode 2014-2019, Supriyadi, langsung menyerahkan kepemimpinan dewan kepada ketua dan wakil ketua sementara sebelum dipilih pimpinan definitif periode 2019-2024.

Ketua sementara terpilih yaitu Kadarlusman dari PDIP didampingi wakil ketua Abdul Majid dari Partai Gerindra. Pemilihan tersebut berdasarkan Pasal 165 ayat 1 dan ayat 2 Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, yang mana pimpinan DPRD kabupaten/kota memilih pimpinan sementara sebelum terpilih pimpinan definitif. Pimpinan tersebut diambil dari dua partai politik yang memperoleh suara terbanyak dalam pemilu.

Ketua sementara DPRD Kota Semarang, Kadarlusman mengatakan, setelah ini, pihaknya segera menggelar beberapa agenda mulai dari pembentukan tata tertib (tatib), pembentukan alat kelengkapan dewan, termasuk komisi maupun fraksi.

Sementara, untuk pimpinan definitif, pihaknya menunggu nama-nama dari masing-masing partai. "Kami persiapkan untuk maraton membentuk tatib. Kami koordinasi dulu sama sekretaris dewan. Inginnya satu bulan selesai. Mudah-mudahan bisa segera terbentuk kelengkapan dewan," ucapnya. (eyf/ant)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved