Pelestarian Potensi Cagar Budaya Kampung Kulitan oleh Mahasiswa KKN Unnes

15 mahasiswa KKN Universitas Negeri Semarang melakukan revitalisasi wilayah kampung kulitan agar tetap terlihat cantik dengan gaya urban heritage.

Pelestarian Potensi Cagar Budaya Kampung Kulitan oleh Mahasiswa KKN Unnes
Ist
15 mahasiswa KKN Universitas Negeri Semarang (Unnes) melakukan revitalisasi wilayah kampung kulitan agar tetap terlihat cantik dengan gaya urban heritage. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kampung Kulitan, kelurahan Jagalan adalah salah satu dari beberapa tempat bersejarah di Kota Semarang. Sebab, kampung kulitan adalah kampung yang pernah disinggahi oleh Tuan tasripin atau tuan tanah pada masa penjajahan belanda.

Masih sangat banyak sekali bangunan-bangunan pada masa penjajahan belanda, dari bangunan yang masih utuh bentuknya atau belum direnovasi sama sekali sampai bangunan yang sudah direnovasi oleh pemiliknya.

Meskipun sudah direnovasi namun sejarah tetaplah sejarah.

Nilai sejarah yang ada tetaplah melekat pada bangunan, ataupun ambience ketika memasuki kampung kulitan terssebut.

15 mahasiswa KKN Universitas Negeri Semarang (Unnes) melakukan revitalisasi wilayah kampung kulitan agar tetap terlihat cantik dengan gaya urban heritage.

Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Unnes diantaranya adalah mural art yang dilakukan di sepanjang jalan masuk gang kulitan.

Mural art yang dikerjakan oleh mahasiswa KKN menceritakan tentang sejarah kampung kulitan yang dahulu kala kampung kulitan adalah kampung dimana para tuan tasripin menguliti beberapa binatang diantaranya sapi dan kambing.

Hasil kulita sapi dan kambing tersebut di ekspor dan digunakan untuk industry kerjinan tas, sabuk, sepatu dan lain-lain. Hal ini membuat warga kampung kulitan sadar dan bangga akan tempat tinggalnya. Selain itu, mural art yang dibuat oleh mahasiswa KKN Unnes dapat dijadikan sebagai spot selfie yang bagus di kampung kulitan.

Selain mural art, mahasiswa kkn memberikan edukasi tentang cagar budaya pada warga kampung kulitan agar warga kampung kulitan mengerti bahwa tempat tinggal mereka memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

Dan sangat berpotensi jika dijadikan cagar budaya, sayangnya pemerintah daerah belum mengesahkan kampung kulitan sebagai cagar budaya di kota semarang.

Lalu, tidak hanya itu, mahasiswa memberikan edukasi pembuatan handcraft bagi ibu-ibu PKK di kampung kulitan, mengadakan senam rutin setiap senin sore, dan hal-hal lain yang dibutuhkan oleh warga kampung kulitan untuk memenuhi kegiatan harian mereka.

Dengan adanya mahasiswa KKN Unnes, para warga berterimakasih karena tujuan warga kampung kulitan sudah sedikit demi sedikit terealisasi yaitu, (1) meningkatkan kapasitas masyarakat mengenai potensi Cagar Budaya di Kampung Kulitan (2) menghidupkan kembali sejarah Kampung Kulitan dalam bentuk Mural Art (3) melestarikan Kampung Kulitan sebagai Urban Heritage dengan memanfaatkan potensi Cagar Budaya yang ada di kampung ini.

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved