USM Teken Kerjasama dengan Pemkot Semarang Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Semarang (USM) meneken kerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

USM Teken Kerjasama dengan Pemkot Semarang Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
TRIBUN JATENG/JAMAL A NASHR
Rektor USM Andy Kridasusila bersama Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menandatangani kerja sama bidang penelitian dan pengabdian masyarakat di Aula Gedung V Lantai 6 Universitas Semarang, Rabu (21/8/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Universitas Semarang (USM) meneken kerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Penandataganan kerja sama dilakukan oleh Rektor USM Andy Kridasusila dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Aula Gedung V Lantai 6 USM, Rabu (21/8/2019).

Andy menyebut, selama ini telah terjalin kerja sama antara USM dengan Pemkot Semarang. Sementara, penandatanganan ini sebagai payung hukum kerja sama yang telah terjalin.

"USM dengan Pemkot Semarang untuk aktivitas Tri Darma perguruan tinggi sudah berjalan beberapa tahun, untuk formalnya kami perlu payung dari pemerintah," ujar Andy.

Menurutnya, melalui penandatanganan ini kerja sama yang dilakukan akan memiliki manfaat untuk masyarakat lebih luas.

Ia mengatakan, bentuk kongkrit kerja sama yang telah dilakukan antara lain, pembangunan Halte BRT Trans Semarang di depan Kampus USM, pembuatan Taman USM di Tembalang, kampung batik binaan, dan melalui KKN.

"Kita PTS mahasiswa terbanyak di Semarang, bagaimana kami memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi Kota Semarang. Program kami bisa bersinergi dengan pemerintah kota," sebutnya.

Ke depan, keduanya akan meningkatkan kerja sama di bidang penelitian. Sehingga, penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen USM dapat dimanfaatkan oleh dinas terkait di Pemkot Semarang.

Kerja sama juga diterapkan dalam kesenian dan kebudayaan. "Mulai 21 September nanti kita akan menggunakan Taman Indonesia Kaya, budaya-budaya Indonesia akan kita munculkan dengan melibatkan mahasiswa dan generasi muda dari kecamatan serta siswa SMA," tuturnya.

Hendi, sapaan Wali Kota Semarang menjelaskan, melalui penandatangan ini kerja sama ini sinergi yang selama ini dijalin antara USM dengan Pemkot Semarang akan semakin erat. Sehingga, akan memunculkan inovasi baru untuk kemajuan Kota Semarang.

"Misalnya, Distaru punya pengembangan kota nanti kerja sama dengan teknik USM. Misalnya pengentasan kemiskinan atau BRT dan seterusnya," ucapnya.(*)

Penulis: Jamal A. Nashr
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved