Prijo Anggoro Sebut Arsip dan Perpustakaan Sebuah Kebutuhan

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Prijo Anggoro menyebut arsip dan perpustakaan adalah sebuah kebutuhan.

Prijo Anggoro Sebut Arsip dan Perpustakaan Sebuah Kebutuhan
TRIBUN JATENG/JAMAL A NASHR
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Prijo Anggoro, menyerahkan hadiah Lomba Bidang Kearsipan dan Perpustakaan di Aula Lantai 4 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jateng, Rabu (28/8/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Prijo Anggoro menyebut arsip dan perpustakaan adalah sebuah kebutuhan.

Hal tersebut ia sampaikan di sela acara penyerahan hadiah lomba Bidang Kearsipan dan Perpustakaan di Aula Lantai 4 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jateng, Rabu (28/8/2019).

"Bisa dibayangkan kalau institusi atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ketika tidak mempunyai arsip," sebut Priyo.

Ia mengatakan, arsip juga dibutuhkan dalam menyelesaikan persoalan hukum. Sehingga menurutnya, arsip sangat diperlukan dalam sebuah tatanan pemerintahan.

"Sejarah dari masing-masing muatan lokal perlu diaraipkan. Anak cucu kita akan tahu para pejuang-pejuang. Sementara perpustakaan adalah meliterasi, mengedukasi," tuturnya.

Melalui perpustkaan, ia mengatakan, akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan daya pikir. Daya pikir dan nalar yang meningkat akan melahirkan kemampuan masyarakat.

"Perpustakaan yang buruk hanya memiliki koleksi, perpustakaan yang baik hanya unsur pelayanan tetapi perpustakaan yang hebat memiliki komunitas. Pengelola perpustakaan tidak hanya menata buku," ucapnya.

Hadiah lomba bidang kearsipan dan perpustakaan tersebut diserahkan kepada pemenang setiap kategori, yaitu juara satu pustakawan berprestasi terbaik Latifah Wahyuni dari SMPN 7 Kota Magelang, penulisan artikel populer tingkat SMA Teyaman Satya Riyadi dari SMKN 1 Cilacap, bercerita bagi siswa SD Rendy Dwi Aditya dari SDN Mondoteko Kabupaten Rembang, dan perpustakaan desa Perpustakaan Kucica Kabupaten Jepara.

Kemudian perpustakaan sekolah tingkat SMA juara satu diraih Perpustakaan SMAN 1 Purbalingga, perpustakaan umum Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga, lembaga kearsipan daerah (LKD) Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo,

Arsiparis Teladan kategori keahlian Rita Umami dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Purworejo, dan arsiparis teladan kategori ketrampilan Krida Tya Yudha dari Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purworejo.

"Lomba ini setiap tahun. Juara nasional ada beberapa dari kita. Kemarin juara dua desa Jepara, ini nanti tingkat nasional juara bercerita dari Rembang," katanya.(*)

Penulis: Jamal A. Nashr
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved