Breaking News:

80 Orang Ikuti Manasik Umrah Galatama Tours

Sebanyak 80 orang calon jamaah umrah mengikuti manasik yang diselenggarakan Galatama Tours di Ballroom Hotel Pandanaran Kota Semarang

TRIBUN JATENG/JAMAL A NASHR
Calon jamaah umrah mengikuti manasik yang diselenggarakan Galatama Tours di Ballroom Hotel Pandanaran Kota Semarang, Sabtu (21/9/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Jamal A Nashr

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebanyak 80 orang calon jamaah umrah mengikuti manasik yang diselenggarakan Galatama Tours di Ballroom Hotel Pandanaran Kota Semarang, Sabtu (21/9/2019).

Mereka merupakan calon jamaah umrah yang akan berangkat pada 28 September dan 6 Oktober.

Dalam manasik tersebut, calon jamaah diberi materi tentang pelaksanaan umrah mulai perjalanan hingga fikih ibadah umrah. Materi perjalanan khususnya ketika berada di dalam pesawat.

"Manasik ini penting bagi beberapa calon jamaah yang baru pertama kali umrah. Supaya yang berangkat benar-benar faham. Kalau di sana hanya keluar masuk hotel ke masjid tapi tidak paham kasihan. Ada juga yang baru pertama kali mau naik pesawat," sebut Direktur PT Galatama Nuansa Tours, Rita Sudjarwo.

Ia menyebutkan, materi terpenting yang disampaikan dalam manasik tersebut adalah tentang tata cara ibadah umrah. Seperti cara berpakaian serta larangan yang harus dihindari selama menjalankan umrah.

"Untuk umrah kita cukup menjalankan satu kali manasik kecuali kalau haji ada beberapa kali. Karena kalau haji banyak materi yang harus disampaikan secara mantap," katanya.

Menurutnya, jamaah umrah yang mengikuti manasik tersebut merupakan rombongan pertama yang akan berangkat setelah musim haji 1440 H. Mereka berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

"Awal start pemberangkatan September ini, setelah musim haji. Dalam satu bulan kami memberangkatkan empat kali. Setiap pemberangkatan minimal satu bus," sebutnya.

Menyambut hari jadi Galatama Tours ke-23 pada 12 Maret 2020, biro umrah dan haji tersebut telah menyiapkan 250 kuota.

Umrah akan dibimbing oleh habaib dari Kota Semarang.

"Alhamdulillah tren jamaah umrah dari tahun ke tahun meningkat. Apalagi tahun ini visa progresif yang sebelumnya dikenakan oleh Pememrintah Arab Saudi dihapus, mungkin akan lebih meningkat lagi. Diperkirakan peningkatan sekitar 25 persen," jelasnya.(*)

Penulis: Jamal A. Nashr
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved