Berkat Puntung Rokok, Den Ayu SMAN 1 Ungaran Semarang Terbang ke Korsel Negeri Drakor

Berkat puntung rokok, tim karya ilmiah Den Ayu dari SMA Negeri 1 Ungaran akan terbang ke Korea Selatan pada 17-23 Oktober 2019 mendatang.

Berkat Puntung Rokok, Den Ayu SMAN 1 Ungaran Semarang Terbang ke Korsel Negeri Drakor
TRIBUN JATENG/AMANDA RIZQYANA
Tim Den Ayu SMA Negeri 1 Ungaran yang terdiri atas Nafisah Amalia (17), Dheana Zahrani Nareswari (17), dan Yumna Dzakirah (17) siap mengikuti International Scinece Festival Korea (ISFK) 2019 di Korea Selatan pada 17-23 Oktober 2019. 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Berkat puntung rokok, tim karya ilmiah Den Ayu dari SMA Negeri 1 Ungaran akan terbang ke Korea Selatan pada 17-23 Oktober 2019 mendatang.

Tim Den Ayu terdiri atas Nafisah Amalia (17), Dheana Zahrani Nareswari (17), dan Yumna Dzakirah (17) siap mengikuti International Scinece Festival Korea (ISFK) 2019.

Di sana mereka akan menunjukkan bahwa puntung rokok dapat diolah sebagai penyimpan energi panas yang dapat diolah menjadi energi listrik.

Nafisah menceritakan ide awalnya membuat karya ilmiah tersebut karena selama ini ia melihat puntung rokok sebagai limbah yang tidak berguna.

Timnya mengamati, setelah rokok dihisap dan hanya menyisakan filter atau puntung, puntung tersebut dibuang begitu saja.

"Kami memanfaatkan limbah rokok tersebut sebagai energi alternatif untuk menyimpan energi panas yang selanjutnya dialirkan menjadi listrik," ungkapnya saat ditemui pada Senin (14/10/2019) siang.

Dheana menambahkan, untuk proses pembuatan alat ialah pembuatan lapisan dasar yang terdiri atas semen, karbon armorf, bubuk plastik, dan lapisan seng.

Lapisan dasar tersebut dilapisi oleh cermin dan selanjutnya lapisan puntung rokok.

Pada lapisan puntung rokok dimanfaatkan untuk menyerap panas dari lapisan atas yang terkena sinar matahari.

Kemudian pada bagian atas kembali diberi lapisan karbon armorf dan digunakan untuk menyerap panas dari lapisan atas yang terkena sinar matahari.

Halaman
12
Penulis: amanda rizqyana
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved