Polda Jateng Jamin Keamanan hingga Proses Pelantikan Presiden-Wakil Presiden

Menjelang pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Maruf Amin pada 20 Oktober 2019, jajaran TNI/Polri menjamin keamanan di Jateng.

Polda Jateng Jamin Keamanan hingga Proses Pelantikan Presiden-Wakil Presiden
ISTIMEWA
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menjelang pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Maruf Amin pada 20 Oktober 2019, jajaran TNI/Polri menjamin keamanan di Jateng.

"Kami jamin Jawa Tengah aman hingga proses pelantikan," kata Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Ahmad Luthfi saat menghadiri Rapat Forkompimda Jateng di Hotel UTC Semarang, Kamis (17/10/2019).

Dalam acara yang juga dihadiri mahasiswa dan pelajar itu, jenderal polisi bintang satu tersebut juga mengungkapkan bahwa aparat kepolisian tidak pernah menghalangi adanya penyampaian pendapat di muka umum atau demo.

Namun demikian, dia meminta demo dilakukan sesuai aturan yang tertuang di Undang-Undang.

"Jangan karena diperbolehkan menyampaikan pendapat, terus seenaknya sendiri, tidak begitu. Ada aturannya yang sesuai etika," tandasnya.

Ia merinci aturan yang berlaku di antaranya, demo harus mengantongi perizinan dari kepolisian.

Kemudian, ada batasan jam atau waktu yang berlaku dan harus dipatuhi pendemo.

Termasuk harus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, semisal tidak membakar ban bekas, lempar- lemparan benda, dan sebagainya.

"Tidak boleh demo dengan melakukan tindakan pidana dan mengganggu ketertiban umum. Biasanya kan kalau demo tidak gontok- gontokan (ribut) dan lempar- lemoaran itu tidak gayeng. Yo itu tidak boleh," tandasnya.

Kemudian, materi yang disampaikan dalam demo juga tidak boleh memecah kesatuan dan persatuan bangsa. Juga tidak menjurus menjelek- jelekan kepala negara.

Berdasarkan data di institusinya, sejak 24 September hingga 11 Oktober 2019, terdapat 47 kali aksi demo yang terjadi di 23 kabupaten/kota di Jateng.

"Beberapa kali demo di Jateng semuanya dalam koridor amanat Undang Undang. Masih aman," imbuhnya.(mam)

Seputar Presiden

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved