Breaking News:

Mammoth Terakhir di Muka Bumi Mati di Pulau Kecil Bernama Wrangel

Mammoth terakhir yang hidup di bumi, mati di sebuah pulau kecil bernama Wrangel di Samudra Arktik sekitar 4.000 tahun yang lalu. Saat es mencair, pop

Penulis: Jen | Editor: abduh imanulhaq
Last Mammoth
Mammoth Terakhir di Muka Bumi Mati di Pulau Kecil Bernama Wrangel 

TRIBUNJATENG.COM- Mammoth terakhir yang hidup di bumi, mati di sebuah pulau kecil bernama Wrangel di Samudra Arktik sekitar 4.000 tahun yang lalu.

Saat es mencair sejak 100.000 tahun lalu, populasi mammoth terakhir hidup di dua pulau berbeda. Yakni Pulau St pul di barat daya Alaska dan satu lagi di Pulau Wrangel Samudra Arktik.

Populasi mammoth yang sempat terpisah ini hidup selama ribuan tahun setelah sebagian spesiesnya mati.

Diberitakan gizmodo.com, penelitian yang dipublikasikan di Quaternary Science Reviews akhirnya mendapat informasi terbaru mengenai Mammoth terakhir yang hidup di bumi tersebut.

Mammoth terakhir mati di Pulau Wrangel Samudra Arktik.

Analisis kimia menunjukkan habitat mammoth di Pulau Wrangel dalam kondisi yang layak saat itu. Sehingga peneliti tidak menemukan kemungkinan alasan mereka punah.

"Sesuatu yang lain" itu mungkin ada hubungannya dengan isolasi mereka yang lama di Pulau Wrangel. Seperti perkawinan sedarah yang menyebabkan kelainan gen lainnya.

Para ahli genetika telah mengaitkan mammoth Wrangel kurang beradaptasi untuk mentolerir kondisi dingin yang ekstrem. Mereka tidak memiliki cadangan lemak di tubuhnya.

"Kami pikir ini mencerminkan kecenderungan mammoth Siberia untuk mengandalkan cadangan lemak mereka untuk bertahan hidup melalui musim es yang sangat keras, sementara mammoth Wrangel, yang hidup dalam kondisi yang lebih ringan, tidak perlu melakukannya,"

Pelapukan batuan juga menjadi faktor lain yang diamati peneliti.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved