Perahu Peninggalan Kolonial Belanda Siap Diangkat, Sebelumnya Tim Bendung Bengawan Solo

Jumat (1/11/2019), tiga perahu yang disebut-sebut sebagai peninggalan zaman kolonial Belanda di dasar aliran Sungai Bengawan Solo mulai diangkat.

Perahu Peninggalan Kolonial Belanda Siap Diangkat, Sebelumnya Tim Bendung Bengawan Solo
KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH
Para pekerja sedang menata karung berisi pasir di sekitar lokasi penemuan ketiga perahu, sebelum ketiga perahu diangkat dari dasar Bengawan Solo, Jumat (1/11/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, LAMONGAN - Jumat (1/11/2019), tiga perahu yang disebut-sebut sebagai peninggalan zaman kolonial Belanda di dasar aliran Sungai Bengawan Solo mulai diangkat.

Ketiga perahu itu awalnya ditemukan oleh warga Mertani, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur.

Ketiga perahu tersebut diupayakan untuk dapat diangkat dari dasar Bengawan Solo oleh tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Selain itu mereka juga dibantu dan didampingi tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lamongan.

"Akan kami upayakan untuk bisa diangkat ke permukaan. Dengan harapan nantinya dapat diteliti dan dipelajari lebih lanjut mengenai benda yang termasuk dalam cagar budaya ini," ujar arkeolog BPCB Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho, Jumat (1/11/2019) sesuai yang dilansir dari Kompas.com.

Sementara, Kasi Perlindungan Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud, Adi Kusno menambahkan, pihaknya dibantu oleh relawan dan warga desa setempat akan mengupayakan proses pengangkatan perahu dengan sangat hati-hati.

Sehingga nantinya tidak ada kerusakan berarti yang akan dialami oleh ketiga perahu saat diangkat ke permukaan.

"Untuk itu kami persiapkan dahulu untuk membendung area di sekitar lokasi perahu ditemukan, agar airnya bisa dikuras keluar."

"Ini penting, supaya proses identifikasi arkeologinya bisa jalan baik," tutur Adi.

Menurut Adi, pihaknya menargetkan proses evakuasi atau pengangkatan ketiga perahu dari dasar Bengawan Solo dapat berlangsung sesuai rencana selama lima hari, terhitung mulai Jumat (1/11/2019).

Halaman
12
Editor: deni setiawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved