Sejak September 2019 Blangko E-KTP Kosong, Disdukcapil Kota Salatiga Ganti Suket

Blangko KTP elektronik (e-KTP) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Salatiga mengalami kekosongan, Selasa (5/11/2019).

Sejak September 2019 Blangko E-KTP Kosong, Disdukcapil Kota Salatiga Ganti Suket
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Kepala Disdukcapil Kota Salatiga Noegroho Agoes Setijono 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Blangko KTP elektronik (e-KTP) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Salatiga mengalami kekosongan, Selasa (5/11/2019).

Kepala Disdukcapil Kota Salatiga Noegroho Agoes Setijono mengatakan kelangkaan blangko atau keping KTP elektronik telah terjadi sejak bulan September lalu.

"Saat ini ketersedian blangko atau keping e-KTP terbatas. Sesuai kebijakan pusat, blangko yang ada diprioritaskan untuk wajib e-KTP pemula," terangnya kepada Tribunjateng.com, Selasa (5/11/2019)

Menurut Noegroho pengadaan keping KTP elektronik berada pada kewenangan pemerintah pusat.

Daerah kata dia hanya mengajukan permohonan ke pusat untuk kebutuhan layanan.

BPBD Terbitkan SK Darurat Bencana di Kota Pekalongan, Berlaku November 2019 hingga Februari 2020

Ia menyampaikan tidak mengetahui pasti penyebab kekosongan blangko KTP elektronik lantaran pengadaan keping e-KTP merupakan sepenuhnya kebijakan pemerintah pusat.

"Terakhir kami mengajukan dua ribu keping blangko e-KTP dan hanya mendapatkan 500 buah saja yang sekarang sudah habis," katanya

Dikatakannya pada periode sebelumnya Disdukcapil Kota Salatiga biasanya mengajukan sebanyak 5 ribu blangko KTP elektronik.

Dari total itu maksimal mendapatkan 2 ribu keping blangko e-KTP.

Noegroho menjelaskan selama ini Disdukcapil Kota Salatiga melayani permintaan perekaman KTP elektronik setiap harinya mencapai 60 orang.

Halaman
12
Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved