Forum Guru Nur Rakhmat : Awas Ada Rapor

Penilaian Akhir Semester (PAS) gasal di tahun pelajaran 2019/2020 sudah hampir selesai. Rapor sebagai salah satu “buku sakti” guru

Forum Guru Nur Rakhmat : Awas Ada Rapor
Dok
Nur Rakhmat, Guru SDN Kalibanteng Kidul 01. Kota Semarang 

Oleh Nur Rakhmat,S.Pd.

Guru SDN Kalibanteng Kidul 01. Kota Semarang

TRIBUNJATENG.COM --Penilaian Akhir Semester (PAS) gasal di tahun pelajaran 2019/2020 sudah hampir selesai. Rapor sebagai salah satu “buku sakti” guru  serta orang tua untuk melihat seberapa jauh dan seberapa dalam anak mencapai target tujuan pembelajaran menjadi sesuatu yang paling ditunggu kehadirannya di kalangan orang tua maupun guru.

Mengapa demikian? Selain sebagai “buku sakti”, rapor juga masih menjadi pedoman mutlak sebagian orang tua dan guru dalam menilai anak.

Artinya, berdasar hasil rapor yang ada, masih ada fenomena yang berkembang di sebagian masyarakat kita. Bahwa rapor menjadi tolok ukur anak dikatakan pintar atau tidak..

Memang hal tersebut tidak salah, karena rapor memang berisi nilai dan deskripsi atas capaian hasil belajar anak selama masa penilaian atau selama evaluasi berlangsung, baik itu evaluasi aspek pengetahuan ( kognitif), sikap (Afektif), dan keterampilan (psikomotor). Jadi, memang tidak salah jika anak yang rapornya bagus berarti anak tersebut pintar dan begitupula sebaliknya.

Lalu sikap apa yang hendaknya kita wujudkan ?

Bijak

Ya, hemat kami bijak adalah sikap yang tepat diterapkan jika hasil rapor anak sudah kita ketahui. Namun, selain bijak, kita juga harus sadar, bahwa untuk mengetahui dan menilai anak dikatakan pintar dan sejenis pelabelan lainnya, orang tua dan gurupun wajib menjadi lebih dari sekadar orang tua dan lebih dari sekadar guru.

Artinya kita harus paham betul kondisi anak. Bahkan menurut Bapak Munif Chatib, tokoh kecerdasan ganda tanah air, orang tua dan guru atau siapapun yang bergelut dengan dunia anak haruslah bisa dan mampu menjadi penyelam yang baik bagi anak.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved