22 Pertanyaan KPK untuk Arief Budiman Ketua KPU sebagai Saksi Kasus Suap PAW Harun Masiku

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengaku disodori 22 pertanyaan saat diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi

22 Pertanyaan KPK untuk Arief Budiman Ketua KPU sebagai Saksi Kasus Suap PAW Harun Masiku
kompas.com
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman ketika ditemui di hotel Borobudur, Jakarta, Jumat, (15/12/2017). (KOMPAS.com/ MOH NADLIR) 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengaku disodori 22 pertanyaan saat diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (28/1).

Arief diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap terkait pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024 untuk tersangka Saeful.

"Ada 22 pertanyaan yang diajukan pada saya. Pertama terkait dengan profil saya, jabatan saya, tugas kewenangan dan kewajiban saya," kata Arief, seusai pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Selasa sore.

Arief menambahkan, penyidik juga sempat bertanya soal dugaan Arief menerima suap.

"Saya ditanya, Pak Arief menerima juga enggak? Ya, saya bilang, enggaklah," ujar Arief.

Arief menuturkan, penyidik juga bertanya soal hubungan Arief dengan eks-Komisioner KPU Wahyu Setiawan dan para komisioner KPU lainnya.

Penyidik, kata Arief, juga menanyakan sikap KPU dalam merespons permintaan PDIP yang ingin memasukkan Harun Masiku sebagai anggota DPR lewat mekanisme PAW.

Arief menegaskan, setiap anggota KPU, termasuk Wahyu Setiawan, satu suara menolak permintaan PDIP tersebut.

"Pokoknya, KPU telah mengambil putusan sebagaimana yg kita tuangkan dalam surat yang kita kirimkam sebagai jawaban itu," kata Arief.

Arief pun membantah pernyataan Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, yang merasa partainya berhak mengajukan Harun sebagai PAW berbekal putusan Mahkamah Agung (MA).

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved