Ngopi Pagi

FOKUS : Dahsyatnya Virus Corona

Penyebaran virus corona makin hari bukannya makin menyusut, tetapi makin meluas. Negara yang terdampak dan ada kasus corona pun makin bertambah.

FOKUS : Dahsyatnya Virus Corona
tribunjateng/cetak/grafis bram kusuma
RUSTAM AJI wartawan Tribun Jateng 

Oleh Rustam Aji

Wartawan Tribun Jateng

Penyebaran virus corona makin hari bukannya makin menyusut, tetapi makin meluas. Negara yang terdampak dan ada kasus corona pun makin bertambah.

Virus corona yang awal mula hanya terjadi di Wuhan, China, kini benar-benar membuat dunia heboh. Hampir semua negara di dunia mengalami dampak getir akibat penyebaran virus corona.

Tidak hanya berdampak pada pertumbuhan ekonomi terkoreksi, namun juga membuat bisnis pariwisata di dunia ikut terdampak. Banyak orang yang kini berpikir ulang untuk pergi wisata ke luar negaranya.
Bahkan di Italia, liga Italia juga ikut dihentikan.

Sejumlah negara pun melakukan scanning ketat bagi pengunjung yang datang ke negaranya. Maklum saja, penyebaran virus corona sangat cepat. Penularannya pun antarmanusia. Karena itu bisa dimaklumi jika masing-masing negara melakukan scanning ketat terhadap warga negara lain yang masuk untuk mengatisipasi penularan.

Yang terbaru, Arab Saudi tiba-tiba mengeluarkan aturan yang membuat banyak negara terbelalak, yaknimenangguhkan seluruh kunjungan ke negara tersebut, baik untuk tujuan umrah maupun kunjungan ke Masjid Nabawi, untuk sementara waktu.

Hal itu menyusul perkembangan kasus penyebaran virus corona jenis baru (Covid-19) dalam beberapa waktu terakhir. Dalam keterangan resmi yang diunggah Kementerian Luar Negeri Arab Saudi melalui akun Twitter resmi mereka, pihak Kerajaan terus mengikuti perkembangan yang terjadi.

Kerajaan bersikap untuk mengimplementasikan standar internasional tertinggi yang dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) guna menghentikan, mengendalikan, dan menghilangkan virus tersebut.

Penangguhan juga berlaku bagi mereka yang ingin melakukan kunjungan wisata bagi turis yang datang dari negara di mana Covid-19 telah menyebar, sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh otoritas kesehatan yang berkompeten.

Halaman
12
Penulis: rustam aji
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved