Tribun Community

Komunitas Sahabat Difabel Beri Beragam Pelatihan

Pandangan orang terhadap penyandang disabilitas seringkali menilai mereka adalah kalangan yang tidak produktif

Istimewa
Komunitas Sahabat Difabel 

TRIBUNJATENG.COM -- Pandangan orang terhadap penyandang disabilitas seringkali menilai mereka adalah kalangan yang tidak produktif, tidak mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Karenanya hak-hak mereka pun seringkali diabaikan.

Anggapan tersebut ternyata berhasil dipatahkan oleh Muhammad Hilal Huda Fadhlullah, anggota Komunitas Sahabat Difabel. Dia mengatakan bergabung di komunitas tersebut, memberikan pengalaman baru.

“Awalnya saya mencari teman melalui media sosial, apakah ada teman-teman seperti saya yang memiliki keterbatasan fisik. Ternyata ada, dan akhirnya saya gabung komunitas itu pada 2017 yang lalu.

Dulunya saya merasa minder, kurang percaya diri (PD/pede), merasa sendiri. Lewat Komunitas Sahabat Difabel ini, saya bisa menghilangkan rasa minder itu,” ujar Huda, sapaan akrab pria asal Semarang itu.

Menurutnya, bergabung dengan Komunitas Sahabat Difabel mampu memberikan dampak positif, di antaranya para penyandang disabilitas dapat menyuarakan aspirasinya.

“Berkat dukungan dari keluarga dan teman-teman di komunitas, bahwa kami itu sama dengan orang yang lainnya, tidak ada yang berbeda.

Tuhan menciptakan kami berbeda, bukan karena apa-apa, tetapi Tuhan sangat sayang kepada kami,” terangnya sembari senyum senang di wajahnya.

Ada yang mengagumkan dari apa yang dikerjakannya, semua dilakukan menggunakan telapak tangannya yang kondisi ototnya yang kurang lentur.

“Kalau jalan dan menulis saya mengalami kesulitan, karena kedua telapak tangan dan lutut saya tidak bisa buat menekuk,” ujarnya.

Selama dua tahun mengikuti komunitas, Huda dilatih untuk siap memasuki dunia kerja. Pengetahuan mereka diasah, mental mereka digembleng.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved