Berita Semarang

Lembaga Penelitian Molekuler Eijkman Beri 1.000 Wadah Spesimen Corona untuk Jateng

Sejumlah perusahaan membantu Alat Pelindung Diri (APD) berupa coverall, masker dan hand sanitizer, kali ini bantuan yang datang berupa alat atau wada

Lembaga Penelitian Molekuler Eijkman Beri 1.000 Wadah Spesimen Corona untuk Jateng
ISTIMEWA
Ganjar menunjukan alat pelindung diri (APD) berupa baju coverall yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Jawa Tengah kembali mendapatkan bantuan dalam upaya penanganan virus corona.

Data terakhir, pasien positif Covid-19 melonjak dua kali lipat pada Rabu (25/3/2020) menjadi 38 yang awalnya 19 orang.

Seusai sejumlah perusahaan membantu Alat Pelindung Diri (APD) berupa coverall, masker dan hand sanitizer, kali ini bantuan yang datang berupa alat atau wadah spesimen, Virus Transfer Media (VTM).

"Alhamdulillah, Jateng mendapatkan rezeki berupa 1000 VTM. Alat ini sekarang banyak orang membutuhkan dan sangat penting untuk membawa hasil swab masyarakat yang diduga terjangkit corona," kata Ganjar, dalam siaran pers, Kamis (26/3/2020).

VTM merupakan media sejenis tabung yang digunakan untuk meletakkan spesimen yang diambil dari pasien menggunakan metode swab.

Dengan alat VTM itu, sampel spesimen dibawa ke laboratorium pemeriksaan untuk diketahui apakah positif atau negatif corona. VTM sangat penting karena tanpa alat itu, pengecekan virus corona tidak akan berhasil.

Sebanyak 1000 unit VTM diterima Jateng dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (LBME) Jakarta.

Bantuan dari lembaga yang ditunjuk pemerintah dalam penanganan virus corona tersebut diterima Ganjar di rumah dinasnya, Puri Gedeh, Kamis.

Usai diterima, bantuan 1000 VTM itu langsung diserahkan ke Dinas Kesehatan Provinsi Jateng untuk segera didistribusikan kepada rumah sakit yang menangani kasus ini.

Berbagai bantuan termasuk 1000 VTM tersebut, kata Ganjar, merupakan hasil ikhtiar pemerintah untuk memenuhi segala kebutuhan dalam upaya pencegahan Covid-19.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved