Breaking News:

Ngopi Pagi

FOKUS : 14 Tahun Pembuangan

ALKISAH, para ksatria Pandawa harus menjalani pengasingan selama 12 tahun. Pengasingan itu merupakan buah kekalahan di meja dadu.

Penulis: achiar m permana
Editor: Catur waskito Edy
FOKUS : 14 Tahun Pembuangan
Tribun Jateng/dokumen
Achiar M Permana

Oleh Achiar M Permana

Wartawan Tribun Jateng

ALKISAH, para ksatria Pandawa harus menjalani pengasingan selama 12 tahun. Pengasingan itu merupakan buah kekalahan di meja dadu.

Para Pandawa, yang tidak menyadari siasat licik Duryudana mengiyakan saja, ketika sulung Kurawa itu mengundang ke istana. Undangan untuk bermain dadu.

Apa taruhannya? "Siapa yang kalah harus mengasingkan diri ke hutan selama 12 tahun," kata Duryudana.
"Hanya itu?" tanya Yudistira, sulung Pandawa, tanpa rasa jeri.

"Setelah masa pengasingan berakhir, pada tahun ke-13, siapa yang kalah harus menyamar selama setahun. Pada tahun ke-14 baru boleh kembali ke istana lagi. Tapi jika ketahuan saat menyamar, maka menjalani pembuangan di hutan selama 12 tahun lagi," kata Duryudana lagi.

Yudistira, yang terkenal suka bermain judi, serta merta menerima tantangan itu. Dia yakin, kali ini akan memenangi permainan dadu tersebut.

Keyakinan boleh saja menggelora di dada Yudistira, tapi takdir berkata lain. Ksatria yang dikenal sebagai sosok berdarah putih, tidak pernah berbohong, itu terlalu jujur sebagai lawan Kurawa. Walhasil, dengan tipu dayanya, Duryudana dkk pun menuai kemenangan di meja dadu.

Maka, mau tidak mau, para Pandawa pun menjalani pengasingan. 12 tahun di hutan plus setahun penyamaran. Kisah Wirataparwa mencatat drama penyamaran Pandawa di Kerajaan Wirata.

Di Wirata, Yudistira menyamar menjadi seorang brahmana bernama Kangka, Bima menjadi juru masak dan pegulat bernama Balawa, Arjuna menjadi seorang wandu yang mengajar tari dan nyanyi bernama Wrahanala, Nakula menjadi penggembala kuda bernama Grantika, Sadewa menjadi penggembala sapi bernama Tantipala, sedangkan Drupadi, menjadi seorang perias bernama Sarindri.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved