Ramadhan 2020

GoPay Catat Lonjakan hingga 300%, Transaksi Aplikasi Dompet Digital Melambung Tinggi selama Ramadan

Momen Ramadan yang berlangsung di tengah pandemi virus corona atau covid-19 membuat kebiasaan masyarakat ikut berubah.

TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Seorang pengunjung Obyek Wisata Lawang Sewu Semarang, melakukan donasi untuk musisi jalanan lewat GoPay, Jumat (13/12/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Momen Ramadan yang berlangsung di tengah pandemi virus corona atau covid-19 membuat kebiasaan masyarakat ikut berubah.

Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah transaksi online melalui sejumlah aplikasi dompet digital.

PT Fintek Karya Nusantara alias LinkAja mencatat, sejak adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga Ramadan terdapat kenaikan transaksi pada merchant online delivery order, khususnya belanjaan rumah tangga.

Head of Corporate Communications LinkAja, Putri Dianita mengatakan, meski merchant online mengalami kenaikan, kebutuhan dasar seperti pembelian pulsa, token listrik, hingga pembayaran tagihan masih stabil. Sayang, ia enggan berkomentar terkait dengan persentase kenaikan transaksi tersebut.

“Mengacu pada data LinkAja, merchant online delivery mengalami kenaikan, tetapi ada beberapa kategori yang pergerakannya masih stabil. Hal itu mencakup kebutuhan dasar seperti pembelian pulsa,” ujarnya, kepada Kontan, pekan lalu.

Putri menuturkan, untuk mempertahankan bisnis dan meningkatkan jumlah pengguna, pihaknya akan memperkaya layanan dan memperluas ekosistem agar dapat dijangkau seluruh lapisan masyarakat, khususnya segmen unbanked dan underbanked.

“Ke depan, LinkAja berencana melakukan eksplorasi ke potensi bisnis yang terkait, seperti credit scoring, analisis, financial service, dan advertising yang dilakukan melalui kolaborasi dengan perbankan,” paparnya.

Hal senada dirasakan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dengan brand GoPay. Sejak Ramadan tercatat kenaikan transaksi GoPay untuk pembelian online naik signifikan dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan terakhir.

Kenaikan transaksi juga terjadi pada kategori pembayaran tagihan bulanan melalui GoBills, GoPulsa, voucher game online, hingga belanja online.

Dukungan promo

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved