Berita Internasional

Sengketa Perbatasan, China Tambah Pasukan Berpotensi Picu Perang Nuklir dengan India

China telah memicu kekhawatiran akan konflik militer dengan India atas sengketa perbatasan yang sedang berlangsung

Editor: galih permadi
ISTIMEWA
Perbandingan kekuatan china vs india 

TRIBUNJATENG.COM - China sedang bersitegang dengan India lantaran sengketa perbatasan.

China telah memicu kekhawatiran akan konflik militer dengan India atas sengketa perbatasan yang sedang berlangsung, setelah Beijing dilaporkan telah mengerahkan semakin banyak pasukan ke perbatasan.

China dan India telah terlibat dalam pertikaian mengenai perbatasan bersama mereka di wilayah Ladakh sejak 1947, dengan dua negara bersenjata nuklir itu berulang kali mendekati konflik penuh selama bertahun-tahun.

China Murka Dituduh Amerika Lakukan Propaganda dengan Mengeksploitasi Kematian George Floyd

Profesor Dominique Gunakan Anjing untuk Deteksi Orang Positif Corona, Keberhasilan Hingga 100 Persen

PSBB Surabaya Berakhir, Ini Alasan Khofifah Turuti Permintaan Risma Meski Kasus Corona Masih Tinggi

Mengapa Kasus Pasien Positif Corona di Indonesia Masih Naik-Turun? Ini Jawaban Ahli Epidemiologi

Kekhawatiran perang antara kedua negara kembali pada pekan ini setelah China dilaporkan telah mengumpulkan pasukan di sepanjang perbatasan dengan India.

Dilaporkan dari Dehli, koresponden DW Nimisha Jaiswal mengatakan: "Pasti ada kekhawatiran karena kita berbicara tentang dua negara besar bersenjata nuklir.

"Tetapi di India khususnya, ada perbedaan antara apa yang terjadi ketika kita dalam konflik dengan Pakistan versus ketika India melihat konflik dengan China,” katanya dikutip Express.

"Analis percaya ini bisa karena superioritas militer peperangan konvensional China."

Jaiswal mengklaim India telah berusaha untuk menekan hubungan dagang yang menghubungkannya dengan China, dengan warganya didesak menghapus aplikasi China dalam upaya untuk menyebabkan kerugian ekonomi bagi perusahaan teknologi China.

Dia melanjutkan: "Di sisi lain, kita juga melihat orang-orang India datang bersama-sama untuk berusaha menekan hubungan dagang dengan China.

"Sebagai contoh, aplikasi China yang dihapus menjadi sangat populer di India dalam dua minggu terakhir karena fakta mereka mencoba menghapus semua aplikasi China dari ponsel mereka.

"Selebriti India juga keluar dengan mengatakan berhenti membeli produk-produk China, serang mereka di tempat yang menyakitkan.

"Tapi ada perdagangan $ 90 miliar antara kedua negara dan mengunduh dan menghapus beberapa aplikasi mungkin tidak akan memiliki efek merusak pada raksasa Asia."

Selesaikan ketegangan
Komandan militer dari India dan China bertemu di perbatasan pada hari Minggu pagi dalam upaya untuk menyelesaikan ketegangan tanpa pertikaian.

Kementerian Luar Negeri India mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Itu terjadi dalam suasana yang ramah dan positif.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved