Breaking News:

Berita Multifinance

Bisnis Pembiayaan Multifinance hingga Akhir Tahun Diprediksi Terpukul

Asosisi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) telah memprediksi dampak pandemi virus corona atau covid-19 terhadap bisnis pembiayaan.

KONTAN/Cheppy A Muchlis
ILUSTRASI 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Asosisi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) telah memprediksi dampak pandemi virus corona atau covid-19 terhadap bisnis pembiayaan.

Bila pada awal tahun asosiasi memperkirakan pembiayaan multifinance tumbuh 4 persen, akibat pandemi pembiayaan multifinance diprediksi hanya tumbuh 1 persen atau bahkan kurang dari itu.

“Pertumbuhan pembiayaan bisa sampai minus, karena pembiayaan kendaraan juga turun. Tapi itu bergantung dari berapa lama penyelesaian corona ini," kata Ketua APPI, Suwandi Wiratno, akhir pekan lalu.

Menurut dia, pembiayaan kendaraan paling terpukul dan akan menekan bisnis multifinance. Sebab, kendaraan menyumbang hingga 60-70 persen dari total pembiayaan multifinance.

Suwandi menuturkan, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) memprediksi penjualan mobil tahun ini hanya 500.000 unit. Sementara penjualan motor juga meleset dari perkiraan awal tahun.

Saat ini, dia menambahkan, ada beberapa bank mulai mengunci likuiditas multifinance di tengah ketidakpastian ekonomi dan daya beli masyarakat.

"Sehingga, multifinance yang tidak terafiliasi dengan bank akan kesulitan cashflow," paparnya.

PT Mandiri Tunas Finance (MTF) mencatatkan penurunan pembiayaan Rp 7,8 triliun hingga April 2020. Nilai itu turun 17,89 persen dari periode sama tahun lalu mencapai Rp 9,5 triliun.

Perusahaan pun merevisi target pembiayaan tahun ini dari Rp 30 triliun menjadi Rp 15 triliun, serta gencar menawarkan produk multiguna untuk meningkatkan kinerja tahun ini.

Direktur MTF, Harjanto Tjitohardjojo menyebut, produk multiguna menjadi tambahan pendapatan, sekaligus kebutuhan corporate fleet customer yang masih memadai.

Halaman
123
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved