Breaking News:

Wabah Pandemi

VIDEO: Kreasi Masker Manik-manik Jawab Tantangan Pandemi Covid19

Pandemi Corona di Indonesia hingga kini masih belum pulih dan terjadi di Negeri tercinta ini.

TRIBUNJATENG.COM -- Pandemi Corona di Indonesia hingga kini masih belum pulih dan terjadi di Negeri tercinta ini.

Apakah kita hanya berdiam diri tidak menghasilkan apa pun dengan berharap belas kasihan orang lain?

Mari bergabung dengan UMKM?

UMKM merupakan salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19. Sebagian besar UMKM mengandalkan pendapatan harian, tentu saja mengalami kesulitan ekonomi.

Bagaimana cara mereka bisa bertahan dalam kondisi ini? Mari kita intip salah satu pelaku UMKM yang bergerak dalam bidang tata busana, Rudi Duri Fashion.

Sebelum pandemi semuanya lancar-lancar saja semua orderan dan roda ekonomi berjalan normal-normal saja.

Begitu wabah Corona datang orderan mulai berkurang, dicancel, atau tidak diambil atau ditunda konsumen sehingga  pemasukan berkurang dratis.

Tapi kemi berusia ingin tetap berkarya agar ada pemasukan dengan cara memutar otak untuk berkreasi. Kita yang menggeluti dunia jahit mencoba membuat masker kreasi dengan memanfaatkan kain perca dengan manik-manik. Dengan memanfaatkan barang yang ada dengan banyak variannya

Selain menambah daya tarik juga menambah harga jual, biasanya kalau dibuat polos-polos saja paling banter harga hanya 5 ribuan, tapi dengan kreasi ditambah manik-manik harga bisa mencapai 30.000 hingga 50 ribuan

Semua harapannya pandemi cepat hilang sehinga order banyak lagi dan ekonomi pulih

Dampak pandemi juga berimbas pada pelatihan rutin dari pemerintah yang bisa menambah skill anggota UMKM, pelatihan gratis pun tertunda.

Maka bagi yang ingin atau ikut pelatihan jahit bisa bersabar dan bisa ikut mulai pola, celana, baju secara gratis. Tetap semangat, optimis, tetap kreasi dan bersabar untuk selalu. Silahkan siapa pun yang punya skill silahkan berbagi dengan anggota UMKM sehingga bisa membantu dan solusi. (*)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved