Breaking News:

Pertamina

Salurkan Energi Hingga Pelosok, 68 Desa di Jawa Tengah dan DIY Telah Tersedia Pertashop

Sebagai wujud komitmen dalam mendukung program pemerataan energi di pelosok, PT Pertamina (Persero) bersama Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesi

IST
Pertamina bersama pemerintah berkomitmen memeratakan penyaluran energi seperti BBM dan LPG kepada masyarakat khususnya di wilayah pelosok 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebagai wujud komitmen dalam mendukung program pemerataan energi di pelosok, PT Pertamina (Persero) bersama Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia mengimplementasikan hasil Nota Kesepahaman yang ditandatangani Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, dan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, pada Februari yang lalu.

Kerjasama tersebut berupa perluasan penyaluran BBM dan LPG melalui pembangunan Pertashop di desa-desa yang berada di wilayah NKRI, khususnya yang belum terjangkau lembaga penyalur atau layanan produk Pertamina yaitu SPBU.

Pertashop merupakan lembaga penyalur resmi dari Pertamina dengan skala yang lebih kecil dengan tujuan memenuhi kebutuhan energi masyarakat pedesaan.

pertashop pertamina
pertashop pertamina (IST)

Sebagai tindak lanjut dari kerjasama tersebut, Pjs. General Manager (GM) Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Bagian Tengah (JBT), Rahman Pramono Wibowo, dalam keterangan persnya hari Kamis (16/7/2020) menyampaikan hingga bulan Juli 2020 ini telah terdapat 68 unit Pertashop di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Lebih rinci  lagi, 62 unit Pertashop di wilayah Jawa Tengah dan 6 unit Pertashop di DI Yogyakarta.

“Beberapa desa di Jawa Tengah yang telah tersedia Pertashop di antaranya Desa Talang di Kabupaten Tegal, Desa Kalirejo di Kabupaten Pekalongan, Desa Limpakuwus di Kabupaten Banyumas, Desa Punggelan di Kabupaten Banjarnegara dan Desa Selokarto di Kabupaten Batang. Sementara itu untuk wilayah DI Yogyakarta ada di Desa Umbulharjo, Kabupaten Sleman, Desa Girimulyo di Kabupaten Gunung Kidul serta beberapa wilayah lainnya” ujar Pramono.

Jumlah ketersediaan Pertashop di desa-desa akan terus bertambah seiring ketersediaan perangkat dan kesiapan lokasi desa yang dituju untuk didirikan Pertashop.

Menurut Pramono, Pertamina juga telah mengusung program “One Village One Outlet (OVOO)” dalam menjamin ketersediaan energi hingga daerah-daerah pelosok melalui Pertashop.

“Harapannya di setiap kecamatan di seluruh Indonesia, khusunya di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), paling tidak terdapat satu outlet layanan Pertamina yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia nantinya,” tambahnya.

Kendati dioperasikan di tengah desa, Pramono meyakinkan Pertashop yang dijalankan Pertamina telah memenuhi seluruh aspek keamanan dan keselamatan atau HSSE (Health, Safety, Security & Environment) dalam pengoperasiannya sehingga aman untuk dioperasikan di tengah masyarakat pedesaan.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved