Breaking News:

Ngopi Pagi

FOKUS : Belajar Daring yang Bikin Orangtua Pusing

Belajar dari rumah dan pembelajaran sistem daring, menjadi perbincangan publik. Banyak kendala, mulai jaringan internet,

Grafis:Tribunjateng/Bram Kusuma
Tajuk Ditulis Oleh Jurnalis Tribun Jateng, M Nur Huda 

Oleh M Nur Huda

Wartawan Tribun Jateng

Belajar dari rumah dan pembelajaran sistem daring, menjadi perbincangan publik. Banyak kendala, mulai jaringan internet, psikologi siswa, hingga kuota data.

Persoalan sinyal internet, soal paling umum dikeluhkan. Di beberapa daerah terpaksa berkreasi memanfaatkan radio panggil untuk pembelajaran jarak jauh.

Sedangkan di daerah yang sinyal internet cukup stabil, para orangtua mengeluh biaya kuota data. Ketika ingin memanfaatkan Wifi, ternyata terkendala kabel optik yang tak menjangkau ke tempat tinggalnya.

Cerita seorang sahabat, memiliki dua orang anak yang melaksanakan belajar secara daring. Pembelajaran berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 14.00. Akses internet yang diperoleh tidak melalui Wifi melainkan kuota data.

Satu anak menghabiskan sekira 1,5 GB hingga 2 GB sehari. Masing-masing ada yang menggunakan provider Telkomsel dan Tri. Untuk Telkomsel, data 1,5 - 2 GB dijual Rp 24 ribu. Sedangkan Tri 1,5 - 2 GB dijual Rp 15 ribu untuk isi ulang.

Ketika pembelajaran dilakukan lima hari dalam seminggu, maka dalam sebulan total 20 hari. Jika dikalikan, untuk Telkomsel dalam sebulan Rp 480 ribu, untuk Tri dalam sebulan Rp 300 ribu. Total belanja kuota data untuk dua anak guna belajar daring dalam sebulan Rp 780 ribu.

Jumlah pengeluaran orangtua khusus untuk pembelajaran daring, dirasa memberatkan. Apalagi, jika memiliki anak lebih dari dua. Terlebih, tak semua orangtua berpenghasilan tinggi, sehingga tidak semua siswa punya akses dan perangkat yang memadai.

"Belajar daring ini benar-benar bikin pusing. Pendapatan seret, pengeluaran bikin dompet jebol," ujar seorang orangtua siswa.

Halaman
12
Penulis: m nur huda
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved