Breaking News:

Forum Guru

Forum Guru : Siswa Belajar Bagaimana Belajar

MEMASUKI kegiatan pembelajaran tahun pelajaran 2020-2021, sebagian besar sekolah telah melakukan pengelolaan pembelajaran

catur waskito edy
Ilustrasi Belajar Daring 

Oleh Susesa

Kepala SMA Karangturi Semarang

MEMASUKI kegiatan pembelajaran tahun pelajaran 2020-2021, sebagian besar sekolah telah melakukan pengelolaan pembelajaran yang adaptif terhadap kebijakan pencegahan dan penularan Covid-19, yaitu dengan pembelajaran jarak jauh.

Pandemi Covid-19 telah mampu mengakselerasi pendidikan 4.0 dan menjadi katalis hebat memacu dunia pendidikan menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Sisi positif lain yang dapat direfleksikan dengan adanya pandemi Covid-19 yaitu guru dipicu dan dipacu mengembangkan kreativitas, siswa dituntut berubah cara belajar dan cara mencari sumber belajar dengan cepat tidak lagi menggunakan cara-cara yang konvensional.

Orangtua juga diharuskan segera menyesuaikan dengan teknologi dan aplikasi yang digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah akhirnya semua dibawa dalam atmosfer digitalisasi pendidikan.

Strategi pembelajaran jarak jauh

Adaptif dan responsif adalah kata yang dapat menjadi pemandu dalam mengembangkan strategi pembelajaran jarak jauh. Dunia pendidikan diharapkan dapat segera menyesuaikan dengan adaptasi kebiasaan baru sehingga seluruh warga sekolah tetap sehat dan produktif. Tahap berikutnya dapat dilakukan adaptasi peninjauan kembali target pembelajaran secara rasional dan relevan dengan menentukan materi esensial untuk setiap mata pelajaran.

Pemilihan materi esensial, selain memperhatikan karakteristik mata pelajaran juga lebih mempertimbangkan bagaimana manfaatnya materi tersebut dalam kehidupan siswa. Analisis yang dilakukan PGRI Provinsi Jawa Tengah terhadap alokasi jam efektif selama pandemi dibandingkan saat kondisi normal berkisar 60%, maka beban kurikulum pada masa adaptasi kebiasaan baru disesuaikan maksimal 60% dari kurikulum reguler.

Setelah itu perlu segera merespons dengan melakukan identifikasi kebutuhan sumber daya dan pemenuhan infrastruktur yang perlu dimiliki agar dapat menunjang pencapaian tujuan.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved