Breaking News:

Berita Salatiga

Alih Profesi Jadi Pengrajin Miniatur, Iswadi Warga Kabupaten Semarang Untung Jutaan Rupiah

Mewabahnya pandemi virus Corona (Covid-19) yang melanda Indonesia bagi kebanyakan orang ialah suatu petaka.

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Mewabahnya pandemi virus Corona (Covid-19) yang melanda Indonesia bagi kebanyakan orang ialah suatu petaka.

Tapi boleh jadi untuk sebagian lainnya adalah berkah, satu diantaranya bagi Iswadi (37) warga RT 17/RW 6, Dusun Randu Rancang, Desa Sukorejo, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang.

Pasalnya, sejak secara resmi pemerintah mengumumkan warga Indonesia positif terjangkit virus Covid-19 pada Maret 2020.

Jokowi Telepon Donald Trump, Amerika Serikat Langsung Kirim 1.000 Ventilator ke Indonesia

 

Saat itu pula, dia justru mulai meraup pundi-pundi rupiah dari hasil memproduksi miniatur kendaraan roda empat berbahan dasar kayu triplek.

Iswadi mengatakan, ide awal membuat miniatur kendaraan seperti bus, truk, tronton, L300, dan kijang karena dirinya mulai sepi orderan sebagai tukang bangunan di Kota Bogor, Jawa Barat. Tidak ada pilihan lain, dia kemudian beralih profesi sebagai pengrajin miniatur yang justru membawa berkah.

"Itu waktunya persis saat awal-awal Corona ramai di Indonesia. Kemudian saya pulang ke Suruh, dan demi mempertahankan bagaimana ada penghasilan agar dapur tetap bisa mengepul mulai membuat miniatur kendaraan," terangnya kepada Tribunjateng.com, dirumahnya, Selasa (28/7/2020)

Menurutnya, cara membuat miniatur kendaraan itu dipelajarinya dari seorang pengrajin di Bogor. Selanjutnya, secara mandiri dia memperdalam pengetahuan dari melihat video tutorial di YouTube.

Ia menambahkan, sebelum memutuskan membuat miniatur kendaraan dengan bahan utama triplek pada tahap uji coba memakai kayu druplek tetapi secara kualitas tidak bertahan lama.

"Jadi adanya Corona ini malah berkah buat saya. Bisa bekerja dirumah merawat orangtua yang sudah lanjut usia dan penghasilan Alhamdulillah tidak berbeda jauh saat bekerja di Bogor," katanya

Dikatakannya, selain dasar utama memakai kayu triplek dalam pembuatan miniatur juga dibutuhkan bahan lain seperti spon ati untuk membuat roda. Kemudian, alat pendukung mulai cutter, gunting, penggaris, lem, lampu, kabel, dan besi stainless.

Halaman
12
Penulis: M Nafiul Haris
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved