Breaking News:

Berita Solo

Penyembelihan Sapi Kurban dari Jokowi di Masjid Agung Solo Jadi Perhatian Warga

Sapi jenis limosin pemberian Presiden Jokowi sehat dan bebas dari cacing. Penyembelihan sapi itu dilangsungkan di Masjid Agung Solo, Sabtu (1/8/2020).

Tribun Jateng/Agus Iswadi
Penyembelihan sapi kurban pemberian Jokowi yang diserahkan untuk Masjid Agung Solo, Sabtu (1/8/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Sapi jenis limosin dengan berat 1,03 ton pemberian Presiden Jokowi kondisinya sehat dan bebas dari cacing.

Penyembelihan sapi itu dilangsungkan di Masjid Agung Solo, Sabtu (1/8/2020).

Sebelumnya, sapi pemberian Jokowi itu menjadi daya tarik masyarakat sekitar sejak dikirim dari peternakan daerah Polokarto Sukoharjo dan tiba di Masjid Agung Solo sehari menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Pesawat Pengangkut Bansos Kecelakaan di Paniai Papua, Pilot Dievakuasi dengan Helikopter

Realme C15 Sudah Tersedia di Toko Smartphone, Bawa Baterai Jumbo 6000 mAh

Trump Ingin Pilpres AS Tahun Ini Ditunda, Jika Kalah Tak Akan Terima Hasilnya

Update Corona di Indonesia 1 Agustus: Tambah 1.560 Kasus Dalam 24 Jam, DKI Jakarta Tertinggi

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota (DPKPP) Kota Solo, Abdul Aziz mengatakan, setelah dicek petugas, sapi kurban bebas dari cacing hati dan kondisi fisiknya sehat.

"Kondisi fisiknya sehat. Tadi ada satu (sapi) yang ditunda (penyembelihannya). Karena ada benjolan bagian perut dan gudiken," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Sabtu (1/8/2020).

Lebih lanjut, terkait satu sapi yang ditunda penyembelihannya tersebut perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Guna memastikan sapi itu sakit apa.

Terpisah Sekretaris Masjid Agung Solo, Abdul Basid menambahkan, saat penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Solo selalu dihadiri warga yang sekedar ingin menonton.

Namun di tengah pandemi virus Covid-19, animo warga yang menonton prosesi penyembelihan hewan kurban cenderung sepi. Bahkan panitia memasang barikade atau pagar pembatas guna meminimalisir adanya kerumuman.

Guna menerapkan protokol kesehatan, pihak panitia juga bekerja sama dengan TNI-Polri untuk menertibkan jalannya penyembelihan hewan kurban.

"Untuk menghindari kerumunan, kami tidak membagikan ke umum. Tapi mengutamakan warga yang telah didata," ungkapnya.

Perlu diketahui sebelumnya, panitia kurban Masjid Agung Solo menyembelih sejumlah 6 ekor sapi dan 10 ekor kambing pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah. (Ais)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved