Breaking News:

Berita Banjarnegara

Gagal Lihat Embun Es di Dieng, Warga Surabaya Ini Penasaran Pilih Menginap Semalam Lagi

Yang menarik minat pengunjung yakni embun es atau bun upas yang berada di pelataran atau padang rumput di kawasan Candi Arjuna Dieng.

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara resmi membuka obyek wisata Dieng, termasuk Candi Arjuna Dieng dan Kawah Sikidang untuk wisatawan umum sejak Sabtu (1/8/2020) kemarin.

Pembukaan objek wisata itu pun disambut wisatawan dari berbagai daerah yang ingin mengunjungi daerah dataran tinggi dan disebut-sebut sebagai satu di antara negeri atas awan di Indonesia tersebut.

Salah satu hal yang menarik minat pengunjung yakni embun es atau bun upas yang berada di pelataran atau padang rumput di kawasan Candi Arjuna.

Wisata Dieng Mulai Dibuka Umum Hari Ini, Pengunjung Sudah Membludak

Heboh Obat Covid-19 Hadi Pranoto, Ahli Biologi: Masalah di Indonesia Itu Salah Satunya Klaim

Gagal Juara Piala FA, Chelsea Bakal Tendang 6 Pemain

Jadwal Liga Italia Malam Ini: Pekan Terakhir Musim Ini, Penentuan Terakhir Degradasi

Bun upas yakni sebuah fenomena ketika suhu menjadi sejuk, lantas turunlah embun-embun yang membeku seperti es dan menyelimuti benda-benda di sana termasuk tanaman.

Bun upas sendiri muncul pada dini hari hingga pagi hari hanya jika suhu berada di bawah nol derajat Celcius atau minus saat itu.

Saat pembukaan obyek wisata hari itu di tempat embun es muncul, suhu udara hanya mencapai 9 derajat Celcius sehingga embun es belum terbentuk secara sempurna.

Embun-embun yang terlihat menempel pada rumput dan pepohonan di sana hanya terlihat seperti mengkristal, namun tak sampai membeku.

Meskipun demikian, para pengunjung tetap menikmati suasana dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang memanjakan mata.

Dari pantauan, puluhan kendaraan terparkir di kawasan Candi Arjuna Dieng.

Ratusan pengunjung tersebar di penjuru kawasan sekitar Candi Arjuna pada hari pertama pembukaan obyek wisata itu.

Halaman
12
Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved