Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswi KKN Undip Ajari Anak-Anak di Pati Cara Menyulap Limbah Botol Jadi Aquascape

Mahasiswi KKN TIM II Universitas Diponegoro 2020, Ulva Rohmanawati melaksanakan progam monodisiplin dengan mengedukasi anak-anak di Desa Kudukeras, Ke

IST
Mahasiswi KKN TIM II Universitas Diponegoro 2020, Ulva Rohmanawati melaksanakan progam monodisiplin dengan mengedukasi anak-anak di Desa Kudukeras, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Mahasiswi KKN TIM II Universitas Diponegoro 2020, Ulva Rohmanawati melaksanakan progam monodisiplin dengan mengedukasi anak-anak di Desa Kudukeras, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Edukasi tersebut yaitu memanfaatkan limbah botol bekas yang dijadikan sebagai Aquascape di Botol Bekas (Aquatolas).

Progam monodisiplin pembuatan Aquatolas memanfaatkan limbah botol plastik atau kaca yang diubah menjadi Aquascape mini dan sederhana.

“Progam ini dilaksanakan bersama anak-anak yang didampingi oleh orangtua agar menambah kreativitas dan keterampilan di tengah pandemi,” kata Ulva Rohmanawati, Senin (3/8/2020).

Progam Aquascape di Botol Bekas (Aquatolas) ini bertujuan untuk menjaga lingkungan dari sampah plastik dengan memanfaatkan botol bekas yang nantinya memiliki nilai estetika yang indah.

Semisal untuk hiasan rumah, atau memiliki nilai jual serta pengenalan macam-macam ikan hias kepada anak-anak.

“Pembuatan Aquatolas sendiri menggunakan alat dan bahan yang sederhana dan mudah didapatkan, sehingga tidak memerlukan modal yang terlalu banyak,” katanya.

Pembuatan Aquatolas ini hanya membutuhkan alat berupa botol bekas. Sedangkan bahan yang dibutuhkan berupa ikan hias, pasir malang, batu hias, tanaman air, dan air bersih.

Anak-anak sangat berantusias dalam mengikuti progam Aquatolas. Mereka mudah memahami dan mengikuti langkah-langkah pembuatan Aquatolas mulai dari penataan pasir, batu hias, tanaman air sampai memasukkan air.

Pembuatan Aquatolas disertai dengan pembagian poster yang berisi langkah-langkah pembuatan Aquatolas dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved