Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswi KKN Undip Sulap Air Kapur di Grobogan Jadi Air Layak Minum

Kelurahan Grobogan, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, merupakan daerah yang dekat dengan pegunungan kendeng, yang mana banyak menga

IST
Sosialisasi penggunaan alat filtrasi air pada warga RT 03/02 Dusun Pucang Grobogan, Kelurahan Grobogan oleh mahasiswa KKN Undip Yuli Isnawati 

TRIBUNJATENG.COM, GROBOGAN - Kelurahan Grobogan di Kecamatan/Kabupaten Grobogan,  Jawa Tengah, merupakan daerah yang dekat dengan Pegunungan Kendeng sehingga banyak mengandung mineral seperti ion Na, Ca, Mg, S, Cl dan sebagainya.

Oleh karena itu, air rasanya asin dan mengandung endapan kapur.

Menurut WHO air yang mengandung zat kapur yang tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah jantung dan batu ginjal yang dapat menyebabkan kencing batu.

Alat dan bahan yang digunakan untuk pembuatan filtrasi air dengan alat sederhana.
Alat dan bahan yang digunakan untuk pembuatan filtrasi air dengan alat sederhana. (IST)

Sesuai tujuan SDGs salah satunya ialah sanitasi air bersih.

Salah satu mahasiswi Universitas Diponegoro, Yuli Isnawati (21) mengadakan sosialisasi tentang cara mengoptimalkan air kapur menjadi air layak minum dengan cara yang sederhana.

“Sosialisasi ini dilakukan secara terbuka kepada beberapa warga RT 03/02 Dusun Pucang Grobogan, Kelurahan Grobogan,” katanya, Rabu (5/8/2020).

Program ini diadakan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat tentang bahaya mengonsumsi air yang mengandung endapan kapur, cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan endapan kapur dan pentingnya mencukupi kebutuhan air dalam tubuh.

Rangkaian kegiatan tersebut terdiri dari kegiatan percobaan filtrasi air dengan alat sederhana, edukasi anak-anak akan manfaat air minum, penyuluhan ke beberapa warga dan evaluasi untuk program minum air mineral 8 gelas sehari.

Cara sederhana untuk mengubah air kapur agar layak minum ini meliputi filtrasi air dengan menggunakan bahan seperti pasir sungai, kerikil, karbon aktif (arang) dan juga kapas yang disusun dengan perbandingan 1:1:1:1 di letakkan berurutan dalam wadah.

Kemudian air sumur dialirkan dengan menggunakan selang melewati alat filtrasi yang dibuat.

Halaman
123
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved