Breaking News:

AKP Pipit: Pelanggaran Turun 60 Persen Saat Operasi Patuh Candi 2020

Selama 14 hari, Satlantas Polres Pekalongan gelar Operasi Patuh Candi 2020 di beberapa lokasi di Kabupaten Pekalongan.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Istimewa
Anggota Satlantas Polres Pekalongan saat menindak pengendara yang tidak menggunakan helm. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Selama 14 hari, Satlantas Polres Pekalongan melaksanakan Operasi Patuh Candi 2020 di beberapa lokasi yang ada di Kabupaten Pekalongan.

Operasi yang berlangsung sejak 23 Juli 2020 hingga 5 Agustus 2020, dinilai mengalami penurunan jumlah penindakan dari tahun lalu hingga 60 persen.

Kasatlantas Polres Pekalongan AKP Pipit Witianingsih mengatakan, operasi patuh tahun ini sangat berbeda, apalagi masa pandemi COVID-19 ini penindakan dilakukan hanya kepada pelanggar benar-benar fatal, seperti tak menggunakan helm diikuti tidak lengkapnya surat-surat kendaraannya dan kendaraan yang bermuatan tak seharusnya.

"Penindakan tahun ini sangat menurun hingga 60 persen, jika dibandingkan tahun lalu. Di pandemi Covid-19 kami prioritaskan giat preemtif, teguran kamseltibcarlantas, patuhi protokol kesehatan, dan tidak menargetkan tilang," kata AKP Pipit kepada Tribunjateng.com, Kamis (6/8/2020).

Dikatakan AKP Pipit pada tahun 2019 ada 4.354 pelanggaran, di antaranya yaitu 3.159 pengendara diberikan penindakan tilang dan 1.195 berupa teguran.

"Untuk tahun ini ada 1.144 pelanggaran di antaranya 314 pengendara ditilang dan teguran sebanyak 830 pengendara," imbuhnya.

Kasat Lantas menambahkan, selain kegiatan penindakan kepada pengendara yang tak taat, pihaknya juga menerapkan kegiatan lebih preventif kepada masyarakat untuk untuk menghindari kerumunan, menggunakan masker, dan tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19.

"Kita terus mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan keselamatan berkendara, menggunakan helm sesuai standar," tambahnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved